Main Menu

Gubernur Aher: Zakat Membersihkan dan Menumbuhkan Harta

Dani Hamdani
13-06-2017 14:53

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (ANTARA/Wahyu Putro/HR02)

Bandung, GATRAnews - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengajak masyarakat Jawa Barat untuk tidak lupa membayar zakat dan melaksanakan infak dan sodaqoh. Pasalnya, kata Gubernur, pembayaran zakat, selain dapat membersihkan harta, juga dapat menumbuhkan harta.

         

"Zakat punya dua makna, pertama membersihkan harta yang kita miliki. Makna yang kedua yakni zakat itu menumbuhkan harta masyarakat yang berzakat," kata pria yang akrab disapa Aher itu, usai menghadiri acara Gerakan Sadar Zakat Menuju Kebangkitan Zakat di Jawa Barat di Gedung Sate, Bandung, Selasa (13/6).

         

Menurutnya, makna zakat bisa menumbuhkan harta mukazi (orang yang membayar zakat). Hal tersebut, kata Aher, tertera dalam Al Quran Surat Al-Baqarah ayat 261.

         

"Perumpamaan orang yang membayar zakat itu serupa dengan menanam sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji jadi 700 kali. Jadi ketika kita berzakat selain memberdayakan fakir miskin, di saat yang sama sisa harta tersebut akan berkembang," tutur Aher.

         

Selain itu, lanjut Aher, zakat juga bisa menghindarkan penumpukan harta sehingga tidak ada lagi ketimpangan antara warga miskin dan kaya.

         

"Pada hari ini, di satu belahan dunia ada negara yang penduduknya sangat kaya sekali tapi di satu negara lain ada negara yang penduduknya kelaparan. Ini artinya ada distribusi yang tidak merata dan ini bisa diselesaikan dengan zakat," kata dia.

         

Pada kesempatan tersebut, Aher memberi contoh kepada masyarakat dengan membayarkan zakat fitrah untuk dirinya, istri, dan  enam anak kandung, anak angkat, pembantu dan pengasuh anaknya di stand Baznas Provinsi Jawa Barat yang didirikan di Aula Barat Gedung Sate Bandung. 

 

Berdasarkan hasil penelitian ahli ekonomi syariah, potensi zakat di Jawa Barat mencapai 17,6 triliun. Namun tahun lalu, Baznas Jabar baru berhasil mengumpulkan zakat, infak dan sodaqoh sebesar Rp 500 miliar. Sedangkan, pada tahun ini Baznas Jabar menargetkan dapat mengumpulkan dana zakat sebesar Rp 750 miliar.


Reporter: Muha Zainal

Editor: Dani Hamdani

Dani Hamdani
13-06-2017 14:53