Main Menu

Jelang Ramadhan Minat gadai di Banyumas Naik 5 persen

Rosyid
12-05-2017 17:58

Seorang nasabah tengah bertransaksi di PT Pegadaian Purwokerto. (GATRAnews/Ridlo Susanto/HR02)

GATRAnews, Purwokerto – Dua pekan mendekati awal Bulan Suci Ramadhan, minat masyarakat untuk menggadaikan di di PT Pegadaian Purwokerto mulai meningkat. Terjadi peningkatan antara 2-5 persen hingga menjelang pertengah bulan Mei ini.

 

“Barang yang digadaikan didominasi oleh emas. Ada peningkatan 2-5 persen hingga hari ini,” jelas Asisten Manager Bisnis Gadai PT Pegadaian Purwokerto, Panca Hendriyani, Jumat (12/5).

Kendati sudah terjadi peningkatan, Panca memprediksi puncak transaksi pegadaian mengalami puncak dua pekan menjelang lebaran Idul Fitri atau kira-kira satu bulan dari sekarang. “Tapi nanti puncaknya dua pekan sebelum lebaran," ujarnya.

Panca menjelaskan, masyarakat cenderung menginvestasikan emasnya saat Ramadhan. Mereka menggadaikan emasnya lantaran syarat gadainya yang dinilai cukup mudah. Rata-rata alasan gadai inipun bervariasi. Selain untuk alasan memenuhi kebutuhan pokok selama Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri, masyarakat juga membutuhkan dana untuk biaya pendidikan.

"Sebentar lagi mulai tahun ajaran baru. Kebutuhan dana pasti meningkat. Nah, gadai emas menjadi salah satu solusi. Apalagi, hari ini harga emas masih tinggi di kisaran Rp542 ribu per gram," bebernya.

Panca menjelaskan, dari 13 produk pegadaian yang ada, sektor investasi yang paling besar kontribusinya berasal dari sektor gadai. Besarannya berkisar antara 70 hingga 80 persen dari total pemasukan pegadaian.

Sementara, salah satu nasabah, Susanti (40) mengaku memilih untuk menggadaikan perhiasan emasnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi banyaknya keperluan pada bulan Ramadhan

"Kalau bulan puasa, keluarga lebih sering berkumpul di rumah. Belum lagi nanti harus pulang ke kampung, beli oleh-oleh dan sebagainya. Kebutuhannya jelas lebih banyak," tutur Susanti.

 


Reporter: Ridlo Susanto

Editor: Rosyid

Rosyid
12-05-2017 17:58