Main Menu

Puasa Ramadhan, Hati-hati Pakai Obat Kumur Mengandung Alkohol

Arif Prasetyo
25-05-2017 14:16

Jakarta, GATRAnews - Ketika berpuasa seringkali bau napas dari mulut menjadi tidak enak. Tentu sedikit mengganggu ketika sedang berbicara dengan orang lain.


Lantas untuk menegatasi bau tak sedap yang keluar dari mulut banyak cara yang dilakukan. Seperti dengan menggosok gigi ketika akan melakukan aktivitas keluar rumah. Tapi ada juga sebagian yang memakai obat kumur.

Namun, jangan salah ada obat kumur yang dijual di pasaran mengandung alkohol. Tentu bagi seorang muslim tidak dianjurkan untuk memakainya.

Drg. Felicia Melati, SpKGA, mengatakan, obat kumur yang mengandung alkohol ini sebetulnya berfungsi sebagai antiseptik yakni untuk menghambat atau menekan bakteri agar tidak berkembang di dalam mulut. Karena kuman dari sisa makanan yang terselip di gigi menjadi bakteri.

“Alkohol itu mempunyai kestabilan kandungan aktif lebih lama, memperpanjang masa simpan mouthwash itu sendiri, dan juga melarutkan bahan-bahan,” jelas Felicia, dalam pesan singkat di Jakarta, Kamis (25/5).

Felicia menyarankan bagi seorang muslim yang sedang melakukan ibadah puasa untuk menghindarinya dengan menggunakan obat kumur yang mengandung alkohol.

Saran lain, lanjutnya, agar tidak terkecoh dengan memperhatikan label saat hendak membeli obat kumur di toko obat.

 

“Teliti dulu di label obat kumur, lihat komposisinya ada tulisan alkohol atau tidak,” katanya.


Editor: Arief Prasetyo

Arif Prasetyo
25-05-2017 14:16