Main Menu

Wales Tundukkan Slovakia 2-1

didi
12-06-2016 08:43

Jakarta, GATRAnews - Tim nasional Wales berhasil memenangi laga debut mereka di kancah Piala Eropa setelah mengalahkan sesama tim debutan, Slovakia, dengan skor 2-1 dalam laga penyisihan Grup B di Stadion Matmut Atlantique, Bordeaux, Prancis, Minggu (12/6) dini hari WIB. Kemenangan tersebut diraih Wales berkat gol yang dicetak Gareth Bale pada menit ke-10 dan penyerang pengganti Hal Robson-Kanu pada menit ke-81, sementara Slovakia sempat membalas lewat pemain pengganti Ondrej Duda pada menit ke-61.

Berkat kemenangan tersebut, tim besutan Chris Coleman sementara memimpin klasemen Grup B, menanti hasil laga lain antara Inggris melawan Rusia yang akan berlangsung di Stadion Velodrome, Marseille.

Antara melaporkan, Slovakia sebetulnya memulai pertandingan dengan percaya diri dan menebar ancaman di hadapan gawang Wales, sayangnya aksi individual bintang Napoli, Marek Hamsik, pada menit ke-3 yang diakhiri dengan sepakan terarah ke dalam gawang berhasil disapu oleh bek Tottenham Hotspur Ben Davies di depan gawang.

Pada menit ke-10, Jonathan Williams dilanggar barisan pertahanan Slovakia tak jauh dari kotak penalti. Bale yang menjadi algojo dengan dingin menyarangkan bola mati ke dalam gawang yang dikawal Matúš Kozácik.

Gol tersebut seolah menjadi reka ulang gol perdana Bale untuk Wales pada 2006 silam yang juga ia cetak ke gawang Slovakia.

Usai turun minum, di tengah upaya menyamakan kedudukan pelatih Slovakia melakukan pergantian ganda pada menit ke-60, yakni Adam Nemec untuk Michal Duris dan Duda untuk Patrik Hrosovsky.

Keputusan itu terbukti ampuh, sebab sentuhan pertama Duda terjadi di dalam kotak penalti menyambut bola sodoran Robert Mak untuk melepaskan tendangan kaki kiri terarah yang tak mampu dihalau penjaga gawang Danny Ward.

Coleman lantas menyuntik darah segar di lini depan serangan Wales dengan memasukkan Robson-Kanu menggantikan Williams pada menit ke-71, yang belakangan terbukti jadi keputusan penting.

Berawal dari keberhasilan Aaron Ramsey merebut bola tak jauh dari kotak penalti lawan, gelandang Arsenal itu menggiring bola mengelabui kapten Slovakia Martin Martin Škrtel sebelum melepaskan umpan yang meski tidak diselesaikan sempurna oleh Robson-Kanu namun sentuhan kaki kirinya berhasil membuat bola bergulir ke gawang lawan. Wales 2 Slovakia 1.

Pada menit ke-86, Slovakia hampir menyamakan kedudukan jika saja tandukan Nemec menyambut bola umpan silang Dusan Svento tak ditolak oleh tiang gawang.

Susunan pemain:
Wales (3-5-2): Danny Ward (PG); James Chester, Ashley Williams, Ben Davies; Chris Gunter, David Edwards (Joe Ledley), Joe Allen, Aaron Ramsey (Jazz Richards), Neil Taylor; Jonathan Williams (Hal Robson-Kanu), Gareth Bale; Pelatih: Chris Coleman

Slovakia (4-2-3-1): Matúš Kozácik (PG); Peter Pekarik, Martin Škrtel, Ján Durica, Dusan Svento; Juraj Kucka, Patrik Hrosovsky (Ondrej Duda); Robert Mak, Marek Hamsik, Vladimir Weiss (Miroslav Stoch); Michal Duris (Adam Nemec); Pelatih: Jan Kozak.

Wasit: Svein Oddvar Moen (Norwegia)



Reporter: Didi Kurniawan
Editor: Edward Luhukay

didi
12-06-2016 08:43