Main Menu

Samsung Luncurkan Relumino bagi Penderita Gangguan Mata

Muchammad Egi Fadliansyah
28-03-2018 22:21

Samsung Relumino. (Dok. Samsung/FT02)

Jakarta, Gatra.com – Tingginya penderita gangguan penglihatan di seluruh dunia membuat Samsung Electronic meluncurkan Relumino. Aplikasi yang membantu mereka untuk mengatasi hambatan penglihatan sehari-hari.


“Relumino ini merupakan hasil pengembangan Samsung dalam program Creative Lab (C-Lab)," kata Manager Content and Service Samsung Electronics Indonesia, Dolly Wisaka, di Jakarta, Rabu (28/03).

Menurut Dolly, dalam laporan World Health Organization (WHO) atau badan kesehatan dunia hingga Oktober 2017, tercatat sekitar 253 juta orang mengalami gangguan penglihatan dan sebanyak 86 persen mengidap low vision.

Karena itu, lanjut Dolly Samsung hadir memberikan program C-Lab. Program inkubator berupa aplikasi visual dengan bantuan Gear VR, virtual reality machine. Tujuannya membantu pengidap gangguan penglihatan (low vision).

"Mereka yang menggunakan alat ini akan dapat membantu lebih jelas saat membaca buku atau melihat suatu objek,” katanya.

Dolly menyebut bahwa teknologi Relumino ini hanya bisa digunakan ketika orang menggunakan Smartphone Samsung dengan model Galaxy S8, dan S8+, serta Note 8,S9, dan S9+, melalui unduhan aplikasi Relumino.

“Dapat diunduh secara gratis di Oculus Store dengan dukungan untuk bahasa Inggris dan Korea," katanya.

Aplikasi Relumino ini bekerja dengan memproses gambar dari video yang diproyeksikan melalui kamera belakang smartphone sehingga membuat gambar sebuah obyek tampak lebih jelas.

Reporter: MEF
Editor: Anthony Djafar

Muchammad Egi Fadliansyah
28-03-2018 22:21