Main Menu

Google Luncurkan Android Things Pada Alat Rumah Tangga

Birny Birdieni
08-05-2018 06:27

Ilustrasi Android Things. (Dok. Developer Google/FT02)

San Fransisco, Gatra.com- Melanjuti perkembangan Android pada mobil, jam tangan pintar, dan televisi pintar, maka inovasi selanjutnya pun harus dilakukan Google. Senin (7/5) waktu setempat, Alphabet In's Google meluncurkan operating system Android untuk peralatan rumah tangga dan mesin lainnya.

 

Android Things ini akan memungkinkan Google Assitant virtual pada kulkas dan robot. Hingga desainnya untuk penggunaan sistem pendaftaran keuangan dan mesin kasir penjual.

 

"Tujuannya untuk memungkinkan mereka membangun lebih cepat, mudah dan lebih aman," ungkap salah satu Direktur Produk Management Google, Venkat Rapaka seperti dilansir dari Reuters, Selasa (8/5).

 

Peran Android derivatif ini memungkinkan pengguna memiliki hubungan konsisten antar device. Sedangkan keuntungan bagi Google dan bisnis partnernya adalah memiliki jalan standar dalam mendistribusikan aplikasi mereka.

 

Dalam hal ini, Google memang tidak meminta bayaran kepada manufaktur hardware akan aplikasi android tersebut. Namun sebagai ganti, penggunaannya diharapkan dapat digunakan dalam menonton video pada YouTube dan membeli konten di Play Store.

 

Analis Arete Research, Richard Kramer mengatakan bahwa Google memang sedang berjuang untuk memperluas dominasi Android pada area lain dalam empat tahun terakhir ini. "Jika anda murah hati akan bilang ini hal baru, tapi bila tidak anda akan bilang ini tidak relevan selain kepada handphone," ungkapnya.

 

Lembaga Informasi dan Data IHS Markit menyebut kalau saat ini android otomotif belum tertanam di mobil manapun. Sedangkan untuk jam pintarnya, pemakai Google lebih besar lima kali dibanding lawannya Apple Inc.  

 

Pada televisi pintar, pemakaian Samsung empat kali lebih besar dibanding lainnya. Pihak Google mengklaim upaya ini memiliki momentum tepat.

 

Varian Android berkembang subur di Cina dimana Google tidak beroperasi. Asia Selatan dan Amerika Latin adalah pasar yang cerah. Bahkan menurut Direktur Produk Management Google lainnya, Shalini Govil Pai, android televisi memiliki transaksi menakjubkan pada akhir tahun lalu.

 

Vice Presiden Google Engineering, Patrick Brady mengatakan kalau Android Otomotif akan mendapat perhatian dari perusahaan otomotif India dan Brazil. Aplikasi ini rencananya akan tertanam di mobil akan dilakukan tahun mendatang.

 

Keberadaan Android Things akan bersaing dengan Amazon.com Inc's serta Greengrass system pada Microsoft. Startup teknologi kesehatan, Byteflies yang melakukan uji coba Android Things menyebut sistem ini memiliki opsi integrasi dengan Google Cloud Computing System, sehingga menjadi sebuah keuntungan besar.


Editor: Birny Birdieni

Birny Birdieni
08-05-2018 06:27