Main Menu

Situs Ditjen Pajak Diretas, Humas: Data Wajib Pajak Aman

Hendry Roris P. Sianturi
10-06-2018 22:05

Tampilan situs Ditjen Pajak yang diretas.(Dok. GATRA/re1)

Jakarta, Gatra.com - Peretas atau hacker berhasil meretas situs Direktorat jendral Pajak Kementerian Keuangan malam ini, (10/06). Akibatnya, situs Ditjen Pajak tidak dapat diakses. “Malam ini website DJP di-hack oleh orang yang tidak bertanggungjawab,” kata Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama ketika dikonfirmasi Gatra.com.

 

Tampilan situs Ditjen Pajak tidak seperti biasa. Tampak seseorang di tengah kobaran api sedang memegang bendera Palestina disertai musik latar. Situs tersebut juga menampilkan tulisan “Hacked by Anonymous Arabe”. “Modusnya adalah Deface, dimana tampilan muka atau beranda diganti dengan yang lain,” ujar Hestu.

 

Hestu menjamin, data-data wajib pajak aman. Pasalnya, data-data WP tidak ditempatkan di website yang diretas. “Data-data WP aman, karena tidak terdapat di website tersebut dan tidak dapat diakses melalui website tersebut. Demikian juga aplikasi dan fitur-fitur lainnya juga tidak tergganggu. Jadi tidak ada yang perlu dikhawatirkan,” katanya.

 

Menurut Hestu, saat ini ahli Information Technology (IT) sedang memperbaiki website Ditjen Pajak. “Sementara kami off kan dulu (under maintenance) dan segera dipulihkan agar masyarakat ataupun WP dapat mengakses lagi seperti biasanya. Kami akan meningkatkan lagi keamanan situs sistem informasi kita.

 

Hestu menjanjikan, website Ditjen Pajak sudah dapat diakses besok. “Temen-teman IT bilang nggak lama (perbaikannya). Besok sepertinya sudah normal kembali,” katanya.


 

Reporter: Hendry Roris Sianturi

Editor: Hendri Firzani

Hendry Roris P. Sianturi
10-06-2018 22:05