Main Menu

Duplex, Sistem AI Google yang Makin Mirip Manusia

Fitri Kumalasari
01-07-2018 14:42

Sistem kerja Google Duplex. (Dok. Google/FT02)

Palo Alto, Gatra.com - Google akhirnya mendemontrasikan Duplex pada kalangan jurnalis di California pada akhir Juni lalu. Duplex merupakan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang dirancang membuat panggilan suara manusia berdasarkan nama seseorang secara otomatis seperti reservasi restoran atau bikin janji untuk tata rambut di salon.

Cara kerja Duplex sederhananya begini, ia akan melakukan panggilan telepon kepada restoran untuk membuat reservasi, kemudian Duplex juga akan menghubungi Anda untuk memastikan reservasi ingin dilaksanakan atau tidak.

Meski Duplex tampak menyenangkan untuk segera digunakan oleh masyarakat, pihak Google belum membuka akses Duplex secara luas. “Google akan memulainya dengan pengguna yang sudah terverifikasi terpercaya,” kata Nick Fox, VP Produk dan Design untuk Google Assistant seperti yang dikutip Gatra dari The Verge.

Duplex yang sekarang ada sayangnya masih berkutat pada reservasi restoran dan salon. Duplex baru berhasil dikembangkan untuk hal itu.

Demo Google Duplex membuat terkesan para jurnalis. Suara yang dihasilkan Duplex terdengar lebih seperti manusia nemal, lengkap dengan “ummms” dan “ahh”. Semua panggilan yang dilakukan Duplex pun akan terekam.

Fox menambahkan Google tak akan tergesa meluncurkan Duplex. “Kami ingin lebih bertanggungjaqab kepada mitra bisnis kami,” tegasnya. Google ingin memastikan dunia bisnis tak akan mendapat banyak panggilan telepon dari Duplex, misalnya digunakan oleh orang yang memang hanya sekadar ingin menipu.


 

Reporter: Fitri Kumalasari
Editor : Flora L.Y. Barus

 

Fitri Kumalasari
01-07-2018 14:42