Main Menu

Intenet of Things (IoT) Bikin Dunia Makin Cerdas

Fitri Kumalasari
29-07-2018 08:11

Ilustrasi - Internet of Things (IoT). (Shutterstock/FT02)

Artikel Terkait

Jakarta, gatra.com - Internet of Things (IoT) sudah terhubung pada sekitar 7 miliar perangkat elektronik - mulai dari kulkas hingga lampu lalu lintas. Angka ini diperkirakan akan terus naik angkanya hingga 50 miliar objek hingga tahun 2020.

Dalam laporan yang dikutip Gatra dari World Economic Forum (29/7), Accenture Digital Consumer Survey pada tahun 2015 mengemukakan hingga tahun 2020 nanti, setengah konsumen di dunia akan terhubung dengan perangkat IoT. IoT utamanya akan banyak digunakan untuk aneka perangkat rumah dan keamanan, jam pintar dan alat-alat olahraga.

IoT bakal jadi penentu utama dalam berbagai kesempatan pengembangan industri ke depan. Industrialisasi IoT diperkirakan akan menyumbang USD 14 triliun bagi ekonomi global hingga 2030. Ekosistem telekomunikasi akan makin berkembang dengan IoT.

Tak hanya telekomunikasi yang punya masa depan cerah dengan IoT. Pengaplikasian IoT di bidang-bidang lain juga membantu memudahkan, seperti dalam industri otomotif, kesehatan, kelistrikan, aviasi, turisme dan travel, serta lain-lain.

Untuk industri otomotif misalnya, kendaraan berevolusi menjadi kendaraan digital yang terkoneksi dengan transfer data. Kita tak lagi hanya sekadar berkendara, tapi juga terhubung antara kendaraan, pilihan navigasi dan berbagai layanan lain yang menunjang perjalanan kita menjadi lebih nyaman.

Semua mungkin hanya dengan gunakan satu perangkat elektronik dalam genggaman. Di Indonesia contohnya, berkendara dan pilihan transportasi makin mudah dengan aplikasi Gojek atau Grab yang diunduh pada ponsel. Tahun 2020 diprediksi lebih dari 90 persen kendaraan akan terhubung.

Pasar dunia untuk perangkat yang dapat digunakan (wearable) untuk kesehatan dan olahraga juga berkembang. Dari 40 juta unit produk wearable pada tahun 2015 akan naik menjadi 125 juta pada tahun 2019.

Konektivitas dan pengoperasian perangkat menyumbang keuntungan 5 persen total industri kelistrikan pada 10 tahun mendatang. Penggunaan IoT untuk hotel juga membantu meningkatkan keamanan dan menekan biaya pemeliharaan. Produktivitas bisa ditingkatkan hingga USD 4 miliar pada tahun 2025.


Reporter : Fitri Kumalasari

Editor : Bernadetta Febriana

Fitri Kumalasari
29-07-2018 08:11