Main Menu

Mozilla : Perlindungan Data di Internet adalah Hasil Empati Perempuan

Flora Librayanti BR K
11-08-2018 10:48

Mary Ellen Muckerman VP Brand Strategy and Services at Mozila (GATRA/Adi Wijaya/yus4)

 

Jakarta, Gatra.com - Ketika dunia dikejutkan dengan penyalahgunaan data Facebook kepada Cambridge Analytica, para pengguna menuntut agar perusahaan-perusahaan internet melakukan langkah-langkah nyata untuk melindungi data mereka. Salah satunya, Mozilla memasang produk yang disebut Facebook Container di add-ons pada semua seri Firefox mereka. Jika pengguna sedang menggunakan Facebook, maka fitur ini akan melacak website apa saja yang mendapat data dari akun facebook kita.

 

Langkah semacam ini, kata Vice President Brand Strategy and Services pada perusahaan internet Mozilla, Mary Ellen Muckerman, adalah hasil dari empati, yang merupakan buah dari Emotional Quotient (EQ) yang dimiliki perempuan.

Empati untuk menempatkan perusahaan internet pada sudut pandang kebutuhan user mereka. “Menjadi perempuan adalah kekuatan super tersendiri,” katanya dalam sesi wawancara khusus dengan GATRA di pusat kebudayaan Amerika Serikat, At America, Jakarta, Selasa, 31 Juli lalu. Berikut perbincangan lengkapnya:

Apa saran Anda bagi para perempuan yang mengejar karir di bidang IT?

Selama 25 tahun bekerja, baru lima tahun ini saya ada di bidang IT. Saya pikir saya bisa bicara untuk para perempuan secara umum, bukan hanya untuk yang bekerja di sektor IT saja, bahwa kamu harus menghargai perbedaan yang kamu miliki sebagai kekuatanmu. Tidak perlu terpaku pada fakta bahwa kamu adalah perempuan diantara mayoritas laki-laki sehingga membuatmu sulit maju. Menjadi perempuan adalah kekuatan super tersendiri.

Apakah di Mozilla, Anda satu-satunya pemimpin perempuan?
Tidak juga. Chief Operating Officer (COO) kami ada yang perempuan. Selain itu ada pula dua VP lainnya di Mozilla Foundation yang juga perempuan, termasuk VP Business Development. Bahkan salah satu co-founder Mozilla adalah perempuan dan masih aktif sampai sekarang.

Menurut Anda, apa pentingnya bagi perempuan untuk mengejar karir di sektor IT?
Alasan utama mengapa perempuan sangat penting dalam dunia IT tentu saja karena mereka membawa sudut pandang yang berbeda. Ada studi yang menyimpulkan ketika para pemimpin makin beragam latar belakangnya, baik secara jenis kelamin maupun suku, maka raihan finansialnya lebih baik. Sudut pandang berbeda juga dibutuhkan karena dalam pengembangan teknologi IT ini. Kita butuh tak hanya IQ (Intelligence Quotient) yang tinggi, tapi juga EQ tinggi. Dan para perempuan sangat mahir dalam hal ini.

Tapi kita bicara soal teknis, coding, dan sejenisnya. Apa pentingnya EQ dalam bidang ini?
Tentu saja penting. Jika kita perhatikan semua tool yang kita gunakan, dilihat dari sudut pandang development, metodologi semacam user design juga pola desain, semua membutuhkan empati yang tinggi untuk bisa menempatkan kita pada sisi pengguna. Tidak ada gunanya kita mengembangkan teknologi canggih kalau tidak ada yang mau menggunakannya.

Pasca skandal Facebook, orang makin peduli soal keamanan data. Apa langkah Mozilla untuk memastikan data para penggunanya tetap aman?
Keamanan para pengguna adalah hal paling mendasar dalam pengembangan semua produk kami. Setelah fakta bahwa ada pembocoran data pada Maret lalu, kami telah membuat produk yang kami namai Facebook Container.

Kita bisa menemukannya di add-ons pada semua seri Firefox. Jika pengguna sedang menggunakan facebook dan ingin menjaga datanya, maka Facebook Container ini akan melacak website apa saja yang mendapat data dari akun facebook kita. Selain itu, Mozilla juga memiliki Firefox Monitor. Produk ini fungsinya untuk memperingatkan pengguna jika mereka tengah di-hack.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
11-08-2018 10:48