Main Menu

Sucofindo Makin Banyak Lakukan Uji Peralatan Medis

Annisa Setya Hutami
16-08-2018 19:26

Ilustrasi alat medis.(Shutterstock/re1)

 

Bekasi, Gatra.com - Peralatan medis sangat perlu untuk dilakukan pengujian dan analisa lengkap guna memastikan keamanan bagi pasien. Ditambah lagi setelah peralatan kesehatan masuk dalam daftar M-Katalog. Hal ini menyebabkan Sucofindo semakin banyak menerima permintaan pengujian peralatan medis.


"Pada 2015, sudah mulai lakukan pengujian. Namun akreditasi medik baru didapatkan pada 2017. Awalnya melakukan pengujian pada enam alat kesehatan. Contohnya saja seperti inkubator bayi, temoat vaksin dan tempat tidur pasien," ujar Kepala Sub Bagian Laboratorium Teknik, Fitri Muhamady, di Bekasi, Kamis (16/8).

Saat kunjungan media, ia menuturkan saat ini Kementerian Kesehatan memberlakukan regulasi kesehatan secara ketat. Pabrik harus memenuhi standar keamanan. Hal ini agar tidak terjadi arus bocor dan berbahaya bagi pasien.

"Sekarang menjadi laboratorium rujukan SNI. Prosesnya biasanya melalui tahapan audit dan pengujian. Untuk peralatan medis membutuhkan 24 parameter uji," katanya.

Marketing Manager Sucofindo, Ause Perthiana mengatakan, peralatan medis menjadi salah satu jasa unggulan laboratorium pada 2018. Mengingat sektor tersebut wajib dilakukan pada beberapa produk alkes.

"Selain mainan anak, peralatan medis menjadi produk yang banyak diminati untuk dilakukan pengujian," ujar Fitri.


Reporter: ASH
Editor: Arief Prasetyo

Annisa Setya Hutami
16-08-2018 19:26