Main Menu

Uber Dapat Suntikan Dana Toyota

Rosyid
28-08-2018 14:29

Ilustrasi (antaranews/yus4)

Tokyo, Gatra.com - Toyota Motor Corp. menginvestasikan USD 500 juta diperusahaan ride-hailing Uber untuk bekerjasama mengembangkan mobil swakemudi.Hal itu diungkapkan sumber yang mengetahui persis rencana ini. Namun tidak ada penjelasan lebih detail d karena memang belum diumumkan secara resmi.

Partisipasi Toyota ini, menurut Japantoday menngindikasikan Uber sudah tidak ingin sendirian mengembangkan mobil swakemudi. Perubahan ini dipicu kecelakaan mobil swakemudi saat Uber ujicoba di Tempe, Arizona awal tahun ini dan menewaskan satu orang.

Uber sudah mengevaluasi program kendaraan swakemudinya sejak kecelakaan itu yang terjadi 18 Maret 2018 dan menewaskan Elaine Herzberg, 49 tahun.

Analis Navigant Research, Sam Abuelsamid menduga, Toyota akan mengambil alih pengembangan mobil swakemudi karena mereka memiliki pendekatan yang lebih berhati-hati. Toyota akan memanfaatkan teknologi yang dikembangkan Uber, karena perusahaan ini melesat cepat dalam pengembangan teknologi ini yang mungkin lebih unggul dari Toyota, kata Abuelsamid.

"Akan sulit bagi Uber untuk membangun kepercayaan konsumen apapun yang mereka kembangkan. Saya pikir orang-orang akan lebih percaya kepada Toyota untuk melakukan semuanya dengan benar, dan memastikan semunya di uji dan diteliti dengan semestinya," tambahnya.

Kembali pada kecelakaan di Arizona, penyelidikan yang dilakukan polisi menunjukkan bahwa sensor di mobil mendeteksi keberadaan korban, namun sistem rem otomatis gagal bekerja karena dinonaktifkan. Sebagai gantinya, pengereman dilakukan oleh pengemudi yang sengaja berada dibalik kemudi untuk ambil alih kendali jika ada sesuatu yang membahayakan. Nyatanya, pengemudi itu tersebut malah menonton acara televisi lewat streaming saat kecelakaan terjadi. Sejak saat itu, Uber menarik seluruh mobil swakemudi di Arizona dan memPHK 300 orang. Uber juga menunda uji coba di kota-kota lain. Pada Juli, uji coba kembali dimulai, kali ini di kota Pittsburg. Uber mengatakan mereka sudah melakukan sejumlah perubahan pada sistem safety juga melatih kembali para pengemudi-nya.

Bagi Uber, mobil swakemudi sangat penting untuk agar tarifnya lebih murah dan bisa bersaing dengan penyedia jasa serupa diseluruh dunia.


Editor: Rosyid

Rosyid
28-08-2018 14:29