Main Menu

Facebook Bangun Pusat Data di Singapura

Bernadetta Febriana
08-09-2018 21:16

Ilustrasi - Data Center (Shutterstock/FT02)

Singapura, Gatra.com - Raksasa sosial media, Facebook, akan membuka pusat data di Singapura. Lebih dari S$ 1,4 milyar siap diguyur oleh Facebook untuk membangun pusat data pertama Facebook di Asia ini.

 
Fasilitas pusat data ini akandibnagun di kawasan Tanjong Kling, sebelah barat Singapura dan akan memakan lahan seluas 170 ribu meter persegi. “Proyek pusat data ini tentu akan menciptakan banyak sekali lapangan pekerjaan, mulai dari bidang konstruksi, operator hingga logostik,” ujar Thomas Furlong, Wakil Presiden Facebook bidang Infrastuktur Pusat Data, seperti dilansir dari Channel News Asia.

 
Furlong juga menambahkan bahwa fasilitas Facebook di Singapura akan sangat efisien mulai dari penggunaan energi, air dan juga lahannya. 

 
Pusat data ini direncanakan akan mulai dioperasikan pada tahun 2022. “Namun itu baru fase pertama, karena kami masih akan menyelesaikan semua konstruksi dan itu butuh waktu beberapa lama,” ujarnya. 

 
Pembangunan pusat data Facebook di Singapura ini menyusul pembangunan pusat data Google. Lokasi keduanya bahkan dikabarkan berdekatan. Singapura sendiri dipilih oleh para raksasa teknologi untuk pembangunan psat datanya dengan salah satu alasan bahwa Singapura merupakan negara yang memiliki kecepatan unduh internet dengan menggunakan fixed broadband tercepat di dunia. 


Bernadetta Febriana

Bernadetta Febriana
08-09-2018 21:16