Main Menu

Cina Kembangkan Generasi Terbaru Kereta Bawah Tanah

Rosyid
11-09-2018 12:33

Salah satu model kereta modern buatan CRRC Changchun Railways. (Dok. CRRC Changchun Railways/FT02)

Changchun, Gatra.com - Kereta bawah tanah masa depan yang lebih cerdas dan lebih hemat energi diperkenalkan di dalam sebuah pameran teknologi industri kereta api di Changchun, ibukota propinsi Jilin, Cina.

 

Kereta yang bisa beroperasi tanpa awak ini sudah benar-benar otomatis disemua fungsinya,bahkan termasuk self-maintenance, menghidupkan, mematikan dan jalan. Hal itu dijelaskan Wang Zhonghai, ahli dari CRRC Changchun Railway Vehicles Co. Ltd kepada Xinhua, Senin (10/9).

Sistem kendalinya yang pandai bisa memonitor kondisi operasi kereta. Peralatan keselamatan yang dipasang di kereta ini bisa mendeteksi penghalang di jalan dan rel yang terguling. Kemampuan deteksi ini akan meningkatkan keselamatan perjalanan secara signifikan.

Penumpang bisa menonton video lewat kaca jendela smart. Semua gerbong dilengkapi dengan jaringan WiFi dan dikombinasikan dengan teknologi LiFi. LiFi ini menggunakan cahaya tampak untuk mengirim data.

Kamera 3D yang dipasang diatas pintu kereta, secara otomatis menghitung jumlah penumpang. Ditempat-tempat khusus, peralatan bantu dengar ditawarkan untuk mereka yang membutuhkan.

Kereta ini dibuat dari serat karbon sehingga 15 persen lebih ringan dibandingkan kereta yang ada sekarang. Berat yang lebih ringan berkorelasi dengan konsumsi energi. Menurut Xinhua, effisiensi penggunaan energi bisa naik 15 persen dibandingkan yang ada sekarang.

Wang tidak mengungkapkan secara presisi kapan kereta ini akan diproduksi."Segera," katanya.

CRRC Changchun adalah produsen besar kereta api di Cina. Memiliki 18.000 karyawan yang memproduksi lebih dari 8000 kereta setiap tahun. Produknya diekspor ke lebih dari 20 negara, termasuk Amerika Serikat, Australia dan Brazil.


Rosyid

Rosyid
11-09-2018 12:33