Main Menu

Seiring Transisi Teknologi Kelistrikan, GE Kembangkan Gardu Listrik Digital

Aries Kelana
14-09-2018 20:54

Logo General Electric Crop (GE). (Shutterstock/RT)

Artikel Terkait

Jakarta, Gatra.com -- Studi terbaru yang dilakukan General Electric Corp (GE) menunjukkan bahwa di dunia kini tengah terjadi transisi dari sistem kelistrikan berdasarkan teknologi pusat pembangkitan, transmisi dan distribusi (T&D) generasi tradisional, ke sistem yang berbasis digital dan ramah lingkungan.

 

Sistem energi global berkembang pun, menurut David Hutagalung, Country Director, GE Power Indonesia, sudah menuju jaringan terpadu dan hibridisasi yang memadukan unsur-unsur teknologi lama dan baru yang bekerja secara sinergis untuk menyediakan tenaga listrik yang dapat diandalkan, terjangkau, dan berkelanjutan untuk pabrik, bisnis, dan masyarakat di seluruh dunia.

“Selama beberapa dekade ke depan, pembangkit listrik yang besar dan berada di pusat akan menjadi semakin efisien,” katanya dalam media briefing di Jakarta, seperti dalam rilisnya yang diterima Gatra.com (14/9). Pada saat yang sama, alat digital akan semakin terintegrasi dengan teknologi di seluruh jaringan listrik.

Solusi pembangkit tenaga listrik GE, kata David, mendukung efisiensi tinggi pembangkit listrik, antara lain, melalui teknologi Hclass dan ultra supercritical terbaru serta gardu listrik digital dan penyimpanan tenaga listrik dalam baterai (reservoir) untuk meningkatkan stabilitas jaringan terutama pada jaringan yang menggunakan pembangkit listrik terbarukan.

“Gardu digital memungkinkan operator memiliki informasi real-time tentang bagaimana energi listrik mengalir di dalam jaringan, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan ketersediaan listrik yang lebih besar,” imbuh David.

Gardu digital juga menawarkan sejumlah keunggulan lain, termasuk lebih sedikit kabel tembaga hingga 200km, menghemat hingga 80% untuk biaya kabel & waktu, jejak karbon hingga 30% lebih kecil dan siklus operasional pembangkit yang 15% lebih lama.

David memberitahukan bahwa belum lama ini GE terpilih untuk menyediakan Gardu Listrik Digital di GI 150kV Sepatan II Grid dan GI 150kV Teluk Naga II Grid di Jakarta. “Keduanya adalah proyek percontohan PLN sekaligus merupakan penerapan gardu listrik digital pertama di Indonesia,” katanya.


Aries Kelana

Aries Kelana
14-09-2018 20:54