Main Menu

Jika Benar Foto Gayus, Komisi III Minta Pengawalnya Disanksi

Ervan
21-09-2015 11:53

Foto mirip Gayus Tambunan beredar di media sosial (Facebook)

Jakarta, GATRAnews - Media sosial pagi ini dihebohkan oleh foto mirip terpidana kasus mafia pajak Gayus Tambunan. Dalam foto, pria mirip Gayus itu tengah berada di sebuah restoran bersama 2 perempuan. Gayus Tambunan sendiri sedang menjalani hukaman pidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

 

Komisi III DPR sebagai mitra penegak hukum ikut terkejut melihat foto diduga Gayus tersebut. Anggota Komisi III DPR I Putu Sudiartana mengaku hampir tidak percaya Gayus bisa santai di sebuah restoran seperti sedang makan siang.

 

"‎Kapan ini foto? No (ini tidak benar). Dia seharusnya makan yang disediakan negara," kata Putu saat dihubungi, Senin (21/9).

 

Politisi Partai Demokrat ini pun menyalahkan pihak kepolisian yang mengawal Gayus, sebab tidak sesuai prosedur tetap (Protap).‎ "Itu melanggar protap, tidak sesuai SOP (Standard Operating Procedure)," tegas Putu.

 

Menurut Putu, seharusnya pihak kepolisian yang mengawal hanya membolehkan ‎Gayus keluar Lapas Suka Miskin langsung ke Pengadilan Agama Jakarta Utara dan kembali lagi tanpa diperbolehkan 'mampir' ke tempat lain. Jika foto tersebut benar Gayus Tambunan, lanjutnya, maka petugas Lapas yang mengawal Gayus harus diberikan sanksi tegas.

 

‎"Seharusnya pengawalan dan apa saja boleh itu sudah ada dalam protap pengamanan. Sampai di rumah binaan di Sukamiskin. Kalau itu dilakukan oleh Sipir, seharusnya sipir itu dikenakan sanksi," tutur Putu.

 

Gayus Tambunan adalah mantan pegawai pajak Golongan IIIA yang dipidana atas sejumlah kasus dalam pusaran pajak. Total hukuman untuk Gayus 30 tahun penjara. 


 

Reporter: Ervan Bayu

Editor: Dani Hamdani 

 

Ervan
21-09-2015 11:53