Main Menu

Presiden Jokowi Ajak 5 Start Up Indonesia ke Silicon Valley

Januar
23-10-2015 16:57

Menkoinfo Rudiantara (ANTARA/dok)

Jakarta, GATRAnews - Presiden Joko Widodo berencana mengunjungi Amerika Serikat pada akhir pekan ini. Dalam lawatannya, Jokowi mengajak pengusaha-pengusaha start up e-commerce untuk mengunjungi Silicon Valley di California.

 

Seperti diketahui, Silicon Valley merupakan kawasan industri teknologi tinggi di dunia. Wilayah tersebut terdapat perusahaan-perusahaan ternama seperti Apple, Google, Facebook, IBM dan Microsoft.

 

Rombongan yang ikut antara lain Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara beserta lima pendiri perusahaan teknologi dan industri kreatif  seperti Nadiem Makarim dari Gojek, William Tanuwijaya dari Tokopedia, Ferry Unardi dari Traveloka, Andrew Darwis dari Kaskus, dan Yansen Kamto dari Kibar.

 

"Kami akan ketemu dengan ekosistem tersebut yang sudah punya posisi kelas dunia. Kami ingin tahun depan ada e-commerce dengan kapitalisasi pasar hingga US$ 1 miliar. Saya percaya itu bisa," kata Rudiantara saat dijumpai di Gedung Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (23/10).

 

Ia juga mengatakan akan meminta Kementerian Keuangan untuk melonggarkan status e-commerce sebagai Daftar Negatif Investasi (DNI). Dengan itu, investor asing dapat mudah masuk perusahaan e-commerce nasional.

 

Rudi sudah membagi tiga kategori perusahaan e-commerce yaitu, rintisan (startup), usaha kecil menengah (UKM), dan perusahaan mapan (established). "Kami sudah siapkan roadmap e-commerce sejak tujuh bulan lalu," kata Rudi.

 

Nantinya, Rudi mengatakan para pengusaha lokal tersebut juga akan dipertemukan dengan pemberi modal di luar negeri. Rencana tersebut diharapkan dapat memperkuat permodalan perusahaan tanpa harus diambil alih perusahaan asing.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
23-10-2015 16:57