Main Menu

Ini Analisa Microsoft Soal Buruknya Layanan Laporan SPT Online

Januar
31-03-2016 14:14

SPT Online(GATRAnews/Erry Sudiyanto/re1)

 

ng>Jakarta, GATRAnews - Direktorat Jenderal Pajak telah mengumumkan perpanjangan masa waktu pelaporan Surat Pelaporan Tahunan (SPT) Pajak online hingga 30 April mendatang. Perpanjangan waktu tersebut merupakan buntut dari keluhan masyarakat atau wajib pajak (WP) saat mengakses situs layanan laporan SPT online.

 

National Technology Officer Microsoft Indonesia Tony Seno Hartono mengatakan hal tersebut terjadi karena banyaknya WP yang mengakses situs Ditjen Pajak secara bersamaan sehingga server mengalami down. “Kalau orang Indonesia serempak mengakses situs Dirjen Pajak pasti servernya down. Dirjen Pajak gajinya merupakan salah satu terbesar di Indonesia tapi servernya down,” kata Tony saat dijumpai di kantornya saat berbincang-bincang dengan wartawan termasuk GATRAnews, Kamis (31/3).

 

Tony menjelaskan teknologi jaringan perpajakan Indonesia kapasitasnya belum mampu memenuhi kebutuhan. Ia mengimbau Dirjen Pajak segera beralih menggunakan teknologi komputasi awan atau cloud agar permasalahan pelaporan SPT online yang terjadi tahun ini tidak lagi terulang.

 

“Kalau pakai cloud servernya akan bertambah dynamic. Selain itu cloud lebih efesien dibanding penambahan server dalam bentuk hardware,” kata Tony.

 

Menurut Tony, bisa  juga masalah pelaporan SPT Online ini terjadi karena bandwith milik Ditjen Pajak terlalu kecil. Sehingga, saat WP ingin melaporkan SPT online secara bersamaan maka bandwith Dirjen Pajak tidak mampu menampung akses dari masyarakat.

 

“Sekarang ini di Pajak bandwith-nya masih kecil sekali sekitar 1-2 giga, kecil sekali. Pasti bottleneck, pasti down,” kata Tony.

 

Ia mengimbau pemerintah segera memperbarui teknologi jaringan komputernya. Menurutnya, pemerintah masih belum mementingkan belanja teknologi komputer dan menganggap sebagai biaya yang mahal.  

 

“Dipikirnya IT itu mahal padahal ada teknlogi yang murah seperti cloud dan tidak perlu biaya perawatan seperti pendingin ruangan dan listrik,” kata Tony.


Reporter: Januar Rizki

Editor: Dani Hamdani 

Januar
31-03-2016 14:14