Main Menu

Whatsapp Luncurkan Aplikasi untuk Mac dan Windows?

Dani Hamdani
03-05-2016 12:17

Rumor Aplikasi WhatsApp untuk Desktop (Twitter @@WABetaInfo)

Jakarta, GATRANews - Tak terasa setahun sudah pengguna desktop (baik pengguna sistem operasi Mac maupun Windows) bisa menggunakan apllikasi chat terpopuler sejagat Whatsapp. Kini beredar rumor aplikasi milik Facebook yang digunakan sekitar 1 miliar orang itu sedang mengembangkan aplikasi khusus untuk Mac dan Windows.

 

Rumor itu datang dari akun twitter WABetaInfo. Akun yang baru diluncurkan Januari 2016 itu melemparkan gambar tatacara mendownload aplikasi WhatsApp untuk pengguna Windows dan Mac OS. 

 

Gambar hasil capture di layar komputer itu terlihat masih belum sempurna, tapi ada kolom untuk mengunduh aplikasi WhataAppf untuk Mac dan Windows. 

 

Apakah rumor itu benar? Tak ada jawaban dari WhatsApp. Di situs resminya, tak ada pemberitahuan soal itu. Pengumuman terakhir dari pengolola WhataApp pada tanggal 5 April 2016 tentang pengiriman pesan sekarang telah di enkripsi untuk memberi jaminan pesan baik tulisan maupun suara tidak akan mudah dibajak. 

 

Tak jelas juga kenapa WhatsApp mengembangkan aplikasi khusus untuk penguna komputer, karena telah disediakan WhatsApp versi web. Versi ini sudah cukup sempurna, karena bisa melakukan hampir semua fitur versi mobil.

 

Memang berbeda dengan pesaingnya, seperti LINE yang memiliki aplikasi khusus. Sehingga layanan chat bisa berlangsung ketika layanan LINE di hape mati, WhatsApp untuk desktop hanya bisa digunakan manakala layanan di mobil hidup.

 

Jadi kalau hape anda mati, maka layanan WhatsApp di desktop juga tidak bisa digunakan. Ini membuat baterei di hape anda akan termakan walaupun anda hanya menggunakan WhatsApp di desktop.

 

Sebenarnya beberapa pengembang aplikasi juga sudah membuat aplikasi khusus WhatsApp di komputer. Tapi tentu tidak resmi. Seperti yang dikembangkan oleh Genius Lab dari Australia. Aplikasi yang dijual Rp. 45 ribu rupiah di App Store itu tampilannya mirip WhatsApp di desktop.


Lalu ada juga yang menyediakan applikasi WhatsApp secara gratis tapi harus menginstal dulu emulator. Dengan aplikasi dari situs ini kita bisa menggunakan WhatsApp tanpa perlu membuka browser. Tapi sekali lagi inipun bukan resmi dari pengembang WhatsApp.

 

Anda mau coba install? Terserah, tapi  jujur kalau  saya malas mencoba aplikasi dari bukan pengembang aslinya tersebut. Karena sejauh ini WhatsApp untuk desktop masih memadai.

 

Versi web dapat diperbarui secara otomatis kapan saja tanpa pengguna harus men-download, juga mendukung upload file dan pemberitahuan di browser seperti Chrome dan Safari. Kekurangannya hanya belum mendukung panggilan audio, fitur yang juga jarang saya gunakan. 


Penulis: Dani Hamdani 

 

Dani Hamdani
03-05-2016 12:17