Main Menu

Grab Raih Dana Segar Triliunan

Rosyid
20-09-2016 09:50


Pengguna Jasa Grab Bike (GATRAnews/Adi Wijaya/AK9)

Singapore, GATRANews - Grab mengumumkan keberhasilannya meraih suntikan dana USD 750 juta (sekitar Rp 10 triliun) dari sekelompok investor yang dipimpin SoftBank Group. Dana segar ini akan membantu perusahaann ride-hailing ini untuk terus melakukan ekspansi di kawasan Asia Tenggara. Selain itu, Grab juga bisa melakukan investasi signifikan untuk meningkatkan kemampuan pembayaran mobile payment, demikian dilaporkaan Reuters, Selasa (20/9/16).

 

Kawasan Asia Tenggara kini menjadi medan pertempuran sengit perusahaa-perusahaan ride-hailing seperti Grab, GoJek dan Uber. Tumbuhnya kelas menengah dan banyaknnya anak-anak muda yang melek internet menjadi bahan bakar utama pertumbuhan itu.

 

Pengumuman Grab itu hanya berselisih beberapa pekan setelah Uber menjual perusahaannya di China kepada Didi (pesaing utamanya di negara itu). Sejumlah analis memperkirakan Uber kemungkinan akan lebih memfokuskan upaya dan dananya di kawasan lain, termasuk Asia Tenggara.

 

Menurut sumber-sumber yang dikutip TechCrunch, dengan suntikan dana dari bank Jepang itu, valuasi nilai pasar Grab sekarang diperkirakan antara USD 2,3 miliar hingga lebih dari USD 3 miliar. Dengan demikian Grab menjadi perusahaan teknologi Asia Tenggara dengan valuasi pasar kedua terbesar seteah Garena (yang diperkirakan mencapai USD 3,75 miliar).

 

Grab merugi USD 111 juta pada triwulan 3 tahun 2015. Diperkikrana tahun ini bisa mendapat pemasukan hingga USD 31 juta.

 

Saat ini perusahaan yang didiirkan Anthony Tan beropeasi di enam negara dan 31 kota.


 

 

Editor: Rosyid

 

Rosyid
20-09-2016 09:50