Main Menu

Rayakan Hari Ibu, Amartha dan Bukalapak Ajak Ibu-ibu Berjualan Online

Fahrio Rizaldi A.
23-12-2016 11:45

Jakarta, GATRAnews - Penyelenggara investasi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), Amartha bekerja sama dengan platform e-Commerce, Bukalapak menggelar pelatihan bisnis untuk 100 perempuan yang menjadi mitra bisnis Amartha. Program ini diselenggarakan untuk merayakan Hari Ibu, Kamis (22/12). Melalui program ini, para ibu yang memiliki usaha bisa memasarkan produknya secara online melalui Bukalapak.



Kali ini, program wirausaha ini menyasar para ibu pemilik usaha kecil dan menengah di Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kegiatan ini digelar pada 4-18 Desember 2016, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan dan pendampingan selama satu bulan penuh.

Agenda pelatihan UKM ini dihadiri oleh Promotion Manager Bukalapak, Ratno Setiawan, dan Growth Head Amartha, Fadilla Torizqua Zain. Selama ini, Amartha selalu mendukung permodalan bagi para pelaku UKM, namun lewat kegiatan ini, Amartha mengenalkan penerapan teknologi untuk memasarkan produk UKM tersebut. Sebelumnya, para ibu-ibu pengusaha UKM yang dilatih tidak mengenal teknologi ponsel pintar berbasis Android. Tak sedikit pula yang tidak memiliki rekening bank. Pelatihan ini memberikan keterampilan bagi para ibu untuk menggunakan aplikasi Bukalapak dalam menjual produknya.

"Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah pilar ekonomi bagi puluhan juta masyarakat Indonesia yang masih berada ditingkat kesejahteraan yang rendah, ini yang membuat Amartha sebagai teknologi keuangan bagi pengusaha kecil dan menengah dan Bukalapak memiliki semangat yang sama untuk mendorong kemajuan dan mengembangkan UKM sehingga nantinya memiliki daya saing," ujar Andi Taufan, CEO dan Founder Amartha, melalui keterangab tertulis yang diterima GATRAnews, Kamis (22/12).

Saat ini, sedikitnya ada 58 juta pelaku UKM di Indonesia, mereka telah mampu berkontribusi terhadap GDP (Growth Domestic Product) hingga 58%, juga membantu menyerap tenaga kerja lebih dari 96%. Menurut Ketua Umum Kongres Wanita Indonesia (Kowani), Giwo Rubianto Wiyoga, 60% UMKM dikelola oleh perempuan dan terus tumbuh sebesar 8% setiap tahunnya.

Selain menyediakan akses ke platform e-Commerce, Amartha juga melakukan impact assessment untuk mengukur manfaat Bukalapak bagi Mitra Usaha Amartha, seperti pendapatan keluarga, kemampuan menabung, dan penjualan produk dengan mengukur kemajuannya dalam metrik bisnis selama beberapa bulan ke depan.

"Wanita memegang andil yang besar terhadap kemajuan UKM di Indonesia, kami berkomitmen untuk memajukan UKM di Indonesia, salah satunya kerja sama dengan Amartha untuk memberikan pelatihan kepada para ibu Mitra Usaha Amartha di Bogor. Harapan kami, melalui pelatihan ini, para ibu pengusaha kecil dan menengah dapat berbisnis online agar meningkatkan pendapatan masyarakat sehingga lebih sejahtera,” ujar Ratno Setiawan, Promotion Manager Bukalapak.

Satu di antara peserta pelatihan, Risa (24) mengatakan peluang usaha melalui aplikasi online memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi. "Sebelumnya, suami saya juga berjualan secara online dan itu berhasil. Saya ingin belajar bagaimana berbisnis secara online. Saya senang ada pihak seperti Amartha dan Bukalapak yang peduli untuk mengajarkan bisnis online kepada para ibu-ibu disini termasuk saya," jelasnya.




Reporter: Rizaldi Abror
Editor: Edward Luhukay

Fahrio Rizaldi A.
23-12-2016 11:45