Main Menu

Alibaba Bikin Toko Tanpa Kasir, Tanpa Antri

Rosyid
13-07-2017 12:15

Ilustrasi (GATRAnews/AK9)

Hangzhou, GATRAnews - Alibaba, perusahaan e-commerce raksasa dari China milik Jack Ma melalui anak perusahaan Tao Bao memperkenalkan toko tanpa kasir tanpa pramuniaga. Toko bernama Tao Cafe ini merupakan gerai ritel tanpa kasir pertama di negeri itu dan menjadi pesaing bagi Amazon GO yang dibuka di Seattle. 

 

Tao Cafe ini bagian dari eksibisi yang berlangsung di Taobao Maker Festival. Festival di Hangzhou, China, ini digelar pada 8-12 Juli 2017. Ini hajatan tahunan yang diselenggarakan oleh Alibaba. Tahun ini merupakan penyelenggaraannya yang ke dua.

 

Dalam eksibisi itu, Tao Bao memperlihatkan bagaimana jadinya jika teknologi big data dimanfaatkan dengan optimal dalam menghubungkan gerai offline dan online untuk memberikan pengalaman berbeda kepada konsumen.

 

Menurut Chief Marketing Officer Alibaba Group Chris Tung, Cafe tao bukan berarti perusahaannya berniat berekspansi ke sektor Food and Beverage (F&B).

 

Tetapi, eksperimen ini menjadi pilot project untuk menunjukkan bagaimana ritel offline bisa diintegrasikan dengan ritel online. Alibaba mengatakan teknologi Artificial Intelligence (AI) dan data yang digunakan membuat konsumen tidak perlu mengantri untuk melakukan pembayaran. 

 

Toko ini mendapat perhatian dari warga yang rela antri untuk bisa masuk. Mereka cukup memindai koder QR pada aplikasi Taobao di pintu masuk toko. Sistem kemudian memonitor pergeraka konsumen melalui kamera yang ada di gerai.

 

Selesai belanja pembeli langsung keluar dan saat melewati gerbang, saldo rekeningnya otomatis terpotong. 

 

Menurut Mashable, Tao Cafe memiliki luas 200 meter persegi. Mereka menjual makanan dan minumam termasuk snack.

 

Pada 2016, Alibaba memang telah melebarkan sayap ke sektor ritel. Ketika itu, perusahaan ini mengakuisisi jaringan department store asal China, yaitu Intimate Retail, dan menjalin kerja sama strategis dengan jaringan supermarket Shanghai Bailian Group Co.


Editor: Rosyid

 

Rosyid
13-07-2017 12:15