Main Menu

Bahas Konten Negatif, Rudiantara Bertemu Petinggi Facebook

Abdul Rozak
02-08-2017 18:29

Menkominfo Rudiantara (kiri) (GATRAnews/Abror/HR02)

Jakarta, GATRAnews - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bertemu dengan perwakilan Facebook Asia Pacific Jeff Wu di Hotel Grand Hyatt, kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (2/8).


Rudiantara dan Jeff Wu membahas sejumlah persoalan. Antafa lain terkait peningkatan Service Level Agreement (SLA) penanganan konten negatif, radikalisme dan terorisme, pornografi anak serta ujaran kebencian.

Jeff Wu menjanjikan perbaikan dalam penanganan konten negatif di Indonesia. Salah satunnya menunjuk orang Indonesia sebagai perwakilan untuk ditempatkan di Facebook bagi penanganan konten negatif.

"Di masa yang akan datang, perwakilan tersebut akan didukung oleh tim yang akan membantu dalam hal penanganan konten negatif," kata rilis resmi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika yang diterima GATRAnews, Rabu (2/8).

Terkait rencana pembukaan kantor Facebook di Indonesia sempat disinggung dalam pertemuan. Kantor itu rencananya akan diresmikan bulan Agustus serta memerlukan beberapa penyesuaian.

"Penyesuaian itu soal ketepatan lingkup bidang usaha bagi Facebook bagi kehadiran layanannya di Indonesia," tutup rilis itu.

Sementara itu, Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel A. Pangerapan menjelaskan bahwa Facebook memiliki fitur baru Geoblocking yang dapat mengendalikan konten negatif khusus di Indonesia.

"Dengan fitur Geoblocking nantinya ada konten yang memang tidak bisa diakses khusus di Indonesia. Selain itu Facebook juga akan membuat algoritma khusus untuk Indonesia," jelas Samuel.


Reporter: Abdul Rozak
Editor: Arief Prasetyo

Abdul Rozak
02-08-2017 18:29