Main Menu

Riot Games Tuntut Pengembang Game Mobile Legends

didi
07-08-2017 12:28

Ilustrasi (dok.mobilelegends.com/AR7)

Artikel Terkait

 

Jakarta, GATRAnews - Permainan Mobile Legends garapan Shanghai Moonton Technology kini tengah digandrungi para pengguna smartphone. Namun, bagi para gamer PC yang akrab dengan judul game League of Legends (LoL), tentu tidak butuh waktu lama untuk menyadari bahwa ada sesuatu yang janggal dalam Mobile Legends.

 

Mobile Legends yang dirilis tahun lalu itu terlihat sangat mirip dengan game LoL besutan Riot Games. Beberapa waktu lalu, seperti dilaporkan Slingshotesports.com, Riot telah mengajukan tuntutan hukum terhadap Shanghai Moonton Technology atas dugaan pelanggaran hak cipta dan merek dagang.

 

Gugatan dilayangkan ke Pengadilan Distrik Pusat California pada tanggal 6 Juli 2017. Dalam gugatan setebal 44 halaman tersebut dijelaskan bahwa game Moonton yang dipermasalahkan adalah Mobile Legends: 5V5 MOBA, Mobile Legends: Bang bang, dan Magic Rush: Heroes.

 

Ada beberapa alasan kegeraman Riot pada pengembang game Mobile Legends tersebut. Moonton menjiplak League of Legends hingga ke detail-detail terkecil. Permulaan mencuatnya masalah ini adalah logo. Keduanya menggunakan font yang sama dengan latar belakang perisai sebagai logo.

 

Selanjutnya, pada area medan perang Mobile Legends dan League of Legends. Terlihat jelas adanya kesamaan yang sangat kentara dari segi tekstur, desain medan perang, dan skema warna antara dua game popular itu. Bahkan, lokasi dari hampir setiap tujuan di game Mobile Legends mirip dengan peta pada game LoL, Summoner’s Rift.

 

Dalam gugatan juga dicantumkan perbandingan antara karakter League of Legends dengan karakter Mobile Legends yang dianggap sangat mirip.

 

 

 

Reporter: Didi Kurniawan

didi
07-08-2017 12:28