Main Menu

Telkom Terus Mengupayakan Pemulihan Layanan Satelit Telkom 1

Muchammad Egi Fadliansyah
31-08-2017 11:04

Jumpa pers antara jajaran Kemeninfo dan PT Telkom tentang kerusakan satelit Telkom 1 (GATRAnews/MEF)

Jakarta, GATRAnews - Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) Alex J. Sinaga menekankan kepada seluruh jajaran operasional untuk fokus pada segala upaya untuk mempercepat proses migrasi pelanggan. Baik dalam hal penyiapan transponder pengganti maupun repointing antena di sisi pelanggan.

"Proses pemulihan layanan telkom 1 dilakukan dengan memigrasikan pelanggan satelit Telkom 2, satelit Telkom 35 dan satelitnya lainnya," katanya di Jakarta, Rabu (30/08). Selain itu, menurut Alex Pemerintah dalam hal ini Kominfo bersama Telkom terus membantu agar proses migrasi ini dapat dilakukan sesegera mungkin.

Menurutnya hingga hari ini progres pemulihan Satelit Telkom 1 untuk penyediaan transponder satelit pengganti sudah mencapai 100% sesuai target yang direncanakan. "Secara keseluruhan, baik itu progres penyediaan transponder dan repointing antena ground segment mencapai 55% dan akan terus dilakukan bertahap hingga 10 September 2017," paparnya.

Lebih lanjut, menurutnya PT Telkom mengerahkan segenap personil 7x24 jam untuk fokus menyelesaikan target pemulihan layanan satelit Telkom 1 yang telah ditargetkan selesai opaling lambat tanggal 10 September bulan depan.

Oleh karena itu Ia memantau langsung secara real time apa yang sudah terjadi di lapangan, karena menurutnya, gangguan ini lebih disebabkan karena masalah teknis. "Lebih dari 1000 teknisi TelkomGroup dari sabang sampai merauke dilibatkan dalam upaya pemuliham ini," katanya optimis.

Jaringan ATM Terganggu

Sebagaimana diinfokan sebelumnya bahwa pada Jumat (25/8) lalu sekitar pukul 16.51 WIB mulai terjadi anomali pada satelit Telkom 1 yang berakibat pada pergeseran pointing antena satelit Telkom 1 sehingga layanan transponder satelit Telkom 1 terganggu. Telkom saat itu memastikan gangguan satelit Telkom 1 masih akan berlangsung hingga 10 September 2017.

Hal ini menyebabkan sejumlah layanan Telkom terganggu seperti jaringan ATM dan perbankan. Pada saat ini, perusahaan telah melakukan recovery gangguan tersebut baru 17%, dari total semua gangguan yang ada. "Karena memang tuntasnya tanggal segitu. Tanggal 10 tuntas, kalau 15 ribu site. Sebanyak 15 ribu site itu, dari total 63 pelanggan langsung kami," kata ‎Alex di Jakarta, Senin (28/8).


Reporter: MEF

Editor: Nur Hidayat⁠⁠⁠⁠

Muchammad Egi Fadliansyah
31-08-2017 11:04