Main Menu

ICED: Indonesia Harus Menguasai TIK 

Muchammad Egi Fadliansyah
05-10-2017 21:15

Konferensi pers tentang ICED (Gatra/MEF/yus4)

Jakarta, GATRAnews - Menurut Faunder Indonesian Competitiveness and Economic Development (ICED) Institut Jimmy Gani, penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) merupakan kunci dasar keberhasilan suatu bangsa. Maka, menurutnya, Indonesia membutuhkan strategi percepatan pembangunan berbasis TIK, agar dapat meningkatkan daya saing secara global. 

"Dewasa ini Indonesia menghadapi kemunduran baik itu dibidang pendidikan, kualitas sumber daya manusia, teknologi, dsb. Sehingga daya saing bangsa Indonesia baik tingkat regional ASEAN, terlebih di tingkat dunia masih kalah bersaing dibandingkan dengan negara lain," Katanya dalam peluncuran ICED Institute dan Forum Forum Digital Startup di Kampus IPMI, Jakarta, belum lama ini. 

Menimbang perkembangan digital hari ini yang semakin kompetitif. Maka, ICED Institute hadir sebagai lembaga riset penelitian dan pendidikan yang bertujuan untuk mewujudkan peningkatan daya saing bangsa atau negara Indonesia, khususnya dalam bidang ekonomi, keuangan dan teknologi.

Lebih lanjut, menurut Jimmy ICED Institut akan berperan sebagai lembaga think-thank dan lembaga nirlaba. Nantinya ICED akan lebih banyak menjalin kemitraan strategis dengan berbagai pemangku kepentingan terutama pemerintah. "Diharapkan kedepan ICED Institute akan menjadi lembaga riset dan pendidikan yang terdepan dalam memberikan solusi dan strategi untuk mewujudkan tingkat daya saing Indonesia agar Indonesia semakin mampu bersaing di percaturan dan persaingan ekonomi global," papar Jimmy.


Reporter: MEF

Muchammad Egi Fadliansyah
05-10-2017 21:15