Main Menu

Ada Foto Jokowi Disandingkan dengan Aidit, Medsos Itu Kejam!

Ervan
17-10-2017 19:30

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Garut (Setpres/HR02)

Garut, gatracom - Presiden Joko Widodo menghadiri pembukaan Rapat Koordinaasi Nasional Pondok Pesantren Muhammadiyah di Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (17/10).

Dalam sambutannya Presiden menyinggung kejamnya media sosial di Indonesia. Jokowi bercerita saat kunjungan kerja ke negeri orang, ada seorang negarawan menyoal arus informasi di media sosial. Dia kemudian bertanya kepada Jokowi bagaimana kondisi netizen di Indonesia.

"Kepala negara yang enggak perlu saya sebutkan itu bertanya kepada saya bagaimana medsos di Indonesia Saya jawab 'Kalau di Indonesia medsos kejam banget!'" kata Jokowi.

Presiden Jokowi kemudian mencontohkan ada yang menyandingkan foto dirinya dengan Ketua Umum PKI D.N Aidit. Foto rekayasa itu beredar di media sosial. Padahal tentu saja Jokowi saat iti masih balita.

"Masa ada gambar Aidit pidato, kemudian disampingnya foto saya? Tahun 1960 saya belum lahir. Tahun 1965 saat PKI dibubarkan saya masih balita. Masa ada PKI balita," selorohnya yang disambut tawa para hadirin.

Jokowi menegaskan bila foto tersebut bertujuan untuk menyebarkan berita bohong dan menyebarkan informasi yang keliru. Presiden berpesan agar pondok pesantren mampu memberikan pemahaman kepada anak didik dan santri soal etika di media sosial.

"Kalau medsos tidak ada yang memagari, tapi mestinya pesantren memberikan pemahaman yang benar kepada anak didik dan santri," ucapnya.

Turut mendampingi Presiden Jokowi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mendikbud Muhadjir Efendy, Kepala Staf Presiden Teten Masduki, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Bupati Garut Rudy Gunawan, dan Ketua PP Muhammadiyah Haedar Natsir.


Reporter: Ervan Bayu
Editor: Nur Hidayat

Ervan
17-10-2017 19:30