Main Menu

Kabareskrim: Registrasi Kartu Pra Bayar Bermanfaat Ungkap Pidana

Dara Purnama
02-11-2017 20:50

Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto (Antara/Rivan Awal Lingga/yus4)

Jakarta, Gatra.com-Pelanggan kartu pra bayar di Indonesia mulai diwajibkan melakukan registrasi ulang sejak tanggal 31 Oktober lalu.Merujuk pada ketentuan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 21 Tahun 2017,  setiap pelanggan dapat melakukan registrasi hanya untuk tiga nomor pada satu operator seluler maupun operator seluler yang berbeda-beda.

Menanggapi hal tersebut, Kabareskrim Polri Komjen (pol) Ari Dono Sukmanto menilai registrasi kartu pra bayar sangat bermanfaat untuk pengungkapan peristiwa pidana. 

"Hampir semua orang sudah menggunakan ponsel untuk berkomunikasi. Karena sebelumnya tidak teregistrasi kita sering mengalami kendala dalam pengungkapan peristiwa pidana," kata Ari di kantornya, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (1/11).

Jika semuanya sudah teregistrasi, sambung Ari, paling tidak, sudah sangat mudah untuk mendata dan mengendalikan informasi secara nasional. "Kalau ada informasi umum kita bisa sampaikan pesan secara nasional kepada publik. Tentunya inikan sangat bermanfaat," katanya.

Batas akhir registrasi kartu pra bayar yaitu akhir Februari 2018. Pelanggan lama yang sudah memiliki kartu SIM sebelum tanggal 31 Oktober 2017 juga diwajibkan melakukan registrasi ulang paling lambat 28 Februari 2018. Registrasi untuk pelanggan baru dengan memasukan nomor induk kependudukan dan Nomor Kartu keluarga dengan format:  NIK#nomorKK# dan dikirim via sms ke nomor 4444. Untuk pelanggan lama : ULANG#NIK#NomorKK# kemudian sms ke nomor 4444.


Reporter : DPU

Editor : Birny Birdieni

Dara Purnama
02-11-2017 20:50