Main Menu

Ini Kelebihan Callind, Aplikasi Penyaing Whatsapp Karya Anak Negeri

Hendri Firzani
31-12-2017 07:03

Novi Wahyuningsih dengan Aplikasi Buatanya (Dok Gatra/Istimewa)

Kebumen, Gatra.com – Aplikasi media sosial (medsos) karya anak bangsa semakin mendapatkan apresiasi dari masyarakat Indonesia. Salah satunya, aplikasi pesan, Callind yang merupakan kepanjangan dari Calling Indonesia, karya gadis asal Kebumen, Novi Wahyuningsih.



Bahkan, Callind digadang-gadang menjadi alternatif aplikasi pesan sejenis, WhatsApp, yang lebih dulu lahir dan populer. Meski belum diluncurkan (launching) Callind telah diunduh oleh lebih dari 100 ribu orang.

Pembuat sekaligus pemilik Callind, Novi Wahyuningsih menyambut gembira adanya pihak yang mengapresiasi aplikasi medsosnya. Ia pun mengaku sangat terbuka dengan semua pihak yang hendak menggunakan aplikasinya untuk kegiatan yang positif. Namun, dia keberatan jika aplikasi Callind digunakan untuk hal-hal negatif seperti SARA maupun ujaran kebencian.

“Saya bersyukur jika aplikasi saya bisa bermanfaat,” ujar Novi Wahyuningsih, dalam keterangan tertulis yang diterima Gatra.com, Jumat (29/12). Menurut Novi,  dibanding WhatsApp kelebihan Callind yaitu bisa menemukan sesama pengguna Callind dalam radius 100 km meski belum saling terhubung sebagai kontak.  Tak hanya sekadar media komunikasi, Callind juga bisa menjadi sarana promosi dan pemasaran bagi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM).

Pemilik Aplikasi Callind bisa mempromosikan produknya secara gratis, tanpa harus menyebar kiriman ke banyak group yang diikuti seperti halnya pada WhatsApp.“Kami sedang dalam proses pengembangan kerja sama dengan beberapa UMKM yang bergerak di sektor retail yang ada di daerah Jawa dan Sumatera. Harapan saya bisa kerja sama dengan UMKM di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini aplikasi Callind masih tahapan uji coba dan pengenalan ke publik. Untuk itu dia berharap saran dan kritik dari masyarakat agar Callind bisa semakin baik. Ia berharap berharap agar aplikasi pesan Callind miliknya dapat diterima semua kalangan. “Kami menyediakan media komunikasi dengan harapan bisa bermanfaat dan menjadi raja di negeri sendiri,” harapnya.




Reporter : Ridlo Susanto

Editor: Hendri Firzani

Hendri Firzani
31-12-2017 07:03