Main Menu

Ganti Password Twitter Anda Sekarang Juga

Flora Librayanti BR K
05-05-2018 11:28

Ilustrasi.(Shutterstock/re1)

California, Gatra.com – Twitter mendorong 330 juta penggunanya untuk mengganti kata kunci mereka secepatnya.

 

“Kami baru-baru ini menemukan bug yang bisa menyimpan kata kunci di internal log. Kami telah mempebaiki bug ini. Tidak ada indikasi kebocoran atau penyalahgunaan dari pihak manapun. Sebagai langkah berjaga-jaga, pertimbangkan untuk mengubah kata kunci Anda,” sebut Twitter dalam pernyataan resminya.

 

Twitter menjelaskan bahwa bug muncul dalam proses pencampuran data di internal log Twitter. Biasanya kata kunci dilindungi dengan mengubahnya menjadi rangkaian karakter acak yang kemudian disimpan dalam sistem Twitter. Sayangnya bug membuat sistem ini error dan mengakibatkan  kata kunci tersimpan dalam bentuk teks terbuka dan bukannya terlindungi seperti seharusnya. Mereka mengklaim telah menemukan bug tersebut dan sudah menyingkirkan kata kunci bermasalah.


Twitter memastikan bahwa isu macam ini tak akan muncul lagi di masa mendatang.


Sayangnya, Twitter tidak merilis berapa banyak jumlah pengguna yang kata kuncinya telah terkontaminasi. Begitupun tak ada pernyataan soal berapa lama bug tadi telah menyerang data kata kunci sebelum ia lantas ditemukan dan diatasi. Namun, sejumlah analis dari The Verge menyebutkan bahwa fakta dimana Twitter mendorong para penggunanya untuk mengganti kata kunci mengindikasikan bahwa kata kunci pengguna yang terkena bug diduga berjumlah banyak.

 

Analis menyarankan untuk menggunakan aplikasi semacam password manager. Dengan demikian kita bisa memiliki keleluasaan untuk menggunakan kata kunci-kata kunci berbeda untuk aplikasi-aplikasi berbeda. Dengan demikian, jika salah satu aplikasi mengalami gangguan macam ini, maka tidak akan merembet ke aplikasi lainnya.


 


Editor : Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
05-05-2018 11:28