Main Menu

Cek Hoaks di Cekfakta.com

Flora Librayanti BR K
05-05-2018 13:34

Peluncuran platform Cekfakta.com.(GATRA/DPU/re1)

Jakarta, Gatra.com - Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) bersama 22 media publikasi online nasional dan lokal di Indonesia meluncurkan platform Cekfakta.com. Proyek ini merupakan kolaboratif untuk pengecekan fakta dan bentuk komitmen untuk menghadirkan informasi yang tepat berdasarkan fakta.

 

Menurut Ketua Umum Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI), Wanseslaus Manggut, gagasan cek fakta ini akan menjadi terobosan yang dibutuhkan bangsa Indonesia untuk menyaring hoaks dan informasi yang salah. “Apalagi sekarang ini sangat krusial ketika bangsa Indonesia akan menghadapi Pilkada Setentak 2018 dan Pemilu Serentak 2018,” katanya saat peluncuran platform di Gran Melia Hotel, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (5/5).

Proyek ini, kata Wanses, merupakan satu-satunya dan pertama kali bagi media siber arus utama di Indonesia melakukan kolaborasi. “Kami mengesampingkan persaingan untuk hal yang lebih besar,” kata Wanses.

Wanses menambahkan dengan platform Cekfakta.com ini diharapkam klarifikasi atas hoaks bisa dilakukan lebih cepat, sinergis, dan dapat disebarkan dengan lebih luas melalui jejaring media yang berkolaborasi dan media sosial. Hasil klarifikasi yang dibuat oleh beberapa media di platform Cekfakta.com dapat dimuat oleh media lain yang berkolaborasi.

"Cekfakta.com ini dibangun di atas API Yudistira yang dibuat oleh Mafindo yang juga berperan sebagai pengelola basis data hoaks ini dengan dukungan Google News Initative,” tambahnya.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) mendukung inisiatif komunitas media dan masyarakat sipil untuk menangkal fake news dan hoaks melalui platform Cekfakta.com ini. AJI juga mendorong jurnalis dan media ikut ambil bagian lebih besar dalam upaya untuk memerangi misinformasi karena dampaknya sangat besar terhadap kehidupan publik.

"Verifikasi adalah salah satu standar dasar dari pekerjaan jurnalis. Jadi ini adalah bagian dari implementasi dari praktek good journalism," kata Ketua Umum AJI, Abdul Manan.

Sementara itu, Ketua Mafindo Septiaji Eko Nugroho mengatakan Mafindo berharap dengan platform Cekfakta.com ini bisa menjadi salah satu solusi untuk meredam penyebaran hoaks di Indonesia.

"Makanya kami mendorong solusi integratif untuk melawan penyebaran hoaks di Indonesia. Selain gerakan edukasi dan literasi serta silaturahmi antar anak bangsa guna meredam polarisasi, kami juga berharap upaya gotong royong melalui Cekfakta.com antara media siber arus utama bersama penggiat anti hoaks," katanya.


 

Reporter : DPU
Editor : Flora L.Y. Barus

 

Flora Librayanti BR K
05-05-2018 13:34