Main Menu

Perang Spotify dan Apple Music Kini Melibatkan Samsung

Flora Librayanti BR K
12-08-2018 08:59

Aplikasi Spotify. (Shutterstock/GTR/RT)

New York, Gatra.com - Spotify Technology SA kini punya sekutu baru dalam perang menghadapi rival terberatnya, Apple Inc. Spotify memutuskan bekerjasama dengan produsen ponsel pintar terbesar di dunia, Samsung Electronics Co.

 

Aplikasi Spotify akan tersedia ketika konsumen menyalakan ponsel Samsung anyar mereka. Kesepakatan ini tentu akan meningkatkan jumlah pengguna layanan music-streaming tersebut. Tak sampai di situ, Spotify juga akan terintegrasi dengan TV pintar dan speaker keluaran Samsung. Kesepakatan ini diumumkan di New York pada Kamis (9/8) waktu setempat.

Seperti dilansir dari Bloomberg, Spotify memang tengah mencari cara untuk meningkatkan jumlah pengguna yang memakai layanan mereka secara gratis. Para pengguna ini kemudian diarahkan untuk beralih ke layanan pembayaran. Sebelumnya, pada April lalu, Spotify meluncurkan versi baru dari layanan gratis mereka tak lama setelah mereka melantai perdana di Bursa New York Stock Exchange (NYSE).

Kesepakatan dengan Samsung tersebut sukses menaikkan harga saham Spotify sebanyak 5,2% menjadi US$188 per lembar di Kamis tersebut. Ini menjadi catatan perdagangan intraday tertinggi selama dua pekan terakhir. Sebanyak 40% saham Spotify memang kini telah dimiliki publik.

Spotify sendiri dikenal sebagai penyedia layanan music-streaming terbesar di dunia. Meski demikian ia terus dipepet oleh kompetitor terbesarnya dari Apple Music. Apple mengklaim pada awal bulan ini bahwa jumlah pengguna mereka telah melebihi jumlah subscribers Spotify di sejumlah daerah tertentu.

Para pembuat ponsel pintar memang tengah berburu layanan musik untuk membuat mereka makin mampu mengatasi para pesaingnya. Apple Music sendiri tidak hanya bisa didengar para pengguna iPhone, tapi juga bisa dinikmati oleh konsumen Verizon Communications Inc pasca keduanya mengumumkan kerja sama pada Rabu pekan ini. Semua konsumen Verizon akan dapat bonus layanan gratis Apple Music selama enam bulan.


 

Editor : Flora L.Y. Barus

 

 

 

Flora Librayanti BR K
12-08-2018 08:59