Main Menu

Advokat IKADIN Registrasi e-Court

Iwan Sutiawan
17-08-2018 01:52

Ketua DPP IKADIN Sutrisno. (Dok. IKADIN /FT02)

Jakarta, Gatra.com - Puluhan advokat atau pengacara di antaranya dari IKADIN melakukan registrasi untuk membuat akun di e-court setelah mengikuti sosialisasi tentang aplikasi e-court yang dilakukan Mahkamah Agung (MA) bekerja sama dengan Magister Hukum Universitas Pancasila dan DPC IKADIN Jakarta Barat, Kamis (16/8).

Sutrisno dari DPP IKADIN menyampaikan, dalam sosialisasi ini, Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum (Badilum), Herri Swantoro dan Hakim Pengadilan Tinggi Jakarta, Ahmad Yusak menyampaikan paparan tentang e-court.

"Setelah acara sosialisasi, para peserta langsung dibantu oleh IT dari MARI membuat aplikasi e-court melalui gadget-nya masing-masing," ujarnya.

Para advokat harus mendaftar atau mempunyai akun di e-court agar bisa mendaftarkan perkara secara online, sehingga mereka tidak harus pergi ke pengadilan untuk mendaftarkan perkara gugatan mewakili kliennya.

Penggunaan aplikasi ini untuk memperbarui dalam proses penyelenggaraan peradilan, Mahkamah Agung (MA). "Dalam rangka pembaruan dalam proses penyelenggaraan peradilan, MA telah mengeluarkan PERMA RI No 3 Tahun 2018 tentang Administrasi Perkara di Pengadilan Secara Elektronik," ujar Herri.

Selain sosialisasi, pada kesempatan itu juga ditanda tangan MoU antara Magister Hukum Univeritas Pancasila dengan DPP IKADIN yang diwakili Sutrisno, DPC PERADI Jakarta Barat Hermansyah Dulaimi, dan DPC IKADIN Jakarta Barat, Purwoko J Soemantri.


Editor: Iwan Sutiawan

Iwan Sutiawan
17-08-2018 01:52