Main Menu

Anak Lebih Aman di YouTube Lewat YouTube Kids

Flora Librayanti BR K
20-09-2018 13:07

Youtube kids.(Ist/re1)

 

Jakarta, Gatra.com – Google menyebut bahwa aplikasi YouTube adalah aplikasi media paling populer di Indonesia.Data mereka menunjukkan kalau lebih dari sepertiga pengguna internet di Indonesia aktif menggunakan YouTube.

Per April 2018 saja, ada 50 juta pengguna aktif YouTube per bulannya dari total 146 juta pengakses internet di Indonesia. Dalam satu hari, orang Indonesia rata-rata menggunakan YouTube 42,4 menit. Jumlah ini naik 155% dibanding 2017.

Pengguna aktif tersebut termasuk juga anak dan remaja. Tak heran banyak orang tua yang khawatir akan aktivitas anak mereka selama berselancar di YouTube. Alhasil, Google meluncurkan fitur baru mereka, YouTube Kids.

“Google kini menyediakan aplikasi YouTube Kids yang berguna bagi keluarga di dunia. Ini merupakan fitur baru yaitu konten yang disetujui orang tua. Kontrol orang tua ini memungkinkan mereka untuk memilih sendiri setiap video dan saluran yang tersedia untuk anak mereka dalam aplikasi YouTube Kids,” ungkap Head of Corporate Communications Google Indonesia, Jason Tedjasukmana di Jakarta, Kamis (20/9).

Untuk orang tua yang ingin mengaktifkan fitur ini, cukup buka pengaturan (setting), buka profil anak, dan centang pernyataan “hanya konten yang disetujui”. Sekarang mereka siap untuk mulai memilih video untuk anak-anak mereka.

Saat ini YouTube Kids telah tersedia secara global di Android dan akan segera hadir di iOS.


Flora L.Y. Barus

Flora Librayanti BR K
20-09-2018 13:07