Main Menu

Smartphone Ini Tahan Dicuci Pakai Sabun hingga 700 Kali

Dani Hamdani
04-12-2015 20:22

Kyocera Digno Rafre (Youtube/au)

Tokyo, GATRANews - Bayangkan anda sedang makan soto betawi sambil main telepon seluler. Lalu tiba-tiba... plung, hape anda terlepas dari genggaman dan masuk ke dalam kuah panas, bersantan, dan berlemak. Panik? Kalau anda pakai ponsel Digno Rafre anda sama sekali tidak perlu panik.

 

Ponsel keluaran perusahaan Jepang Kyocera bisa anda cuci pakai sabun, digosok-gosok, lalu diguyur air dari keran, persis seperti mencuci piring kotor. Keringkan dan anda bisa gunakan lagi. 

 

Kyocera Mobile bekerjasama dengan operator KDDI memperkenalkan ponsel pintar pertama di dunia yang bisa dicuci dengan sabun dan air.

 

"Tim pengembang kami telah mencuci ponsel pintar ini lebih dari 700 kali untuk menguji daya tahannya," kata juru bicara perusahaan itu kepada AFP.

 

Smartphone tahan air memang sudah beredar di pasaran, tetapi perusahaan telekomunikasi KDDI mengatakan bahwa ponsel "Digno rafre"  yang akan diluncurkan pekan depan di Jepang, adalah satu-satunya ponsel pintar yang tahan dari rendaman sabun.

 

Digno Rafre dapat tahan terhadap air panas bersuhu 43 derajat Celcius. Layar sentuhnya masih bisa berfungsi meskipun dalam keadaan basah dan dilindungi dengan lapisan kaca berteknologi Dragontrail X.

 

Ponsel juga tahan terhadap goncangan (MIL-SSTD-810G), sehingga cocok digunakan untuk kegiatan luar ruangan.

 

Spesifikasi dari Digno Rafre diantaranya didukung layar sentuh berdiagonal 5-inci beresolusi 720p, Android 5.1 Lollipop, RAM sebesar 2GB, memori internal 16GB yang dapat diekspansi dengan slot microSD card dan kamera beresolusi 13 megapiksel.

 

Fitur lainnya termasuk 4G LTE dan WiMAX plus VoLTE dan baterai berkapasitas 3.000mAh yang dapat digunakan untuk panggilan VoLTE selama 20 jam.

 

[youtube height="300" width="450" align="left|right|none"]https://www.youtube.com/watch?v=Vc6eNqoLeQs[/youtube]

Tayangan iklan diatas menunjukan daya tahan ponsel tersebut. 

  

Gadget ini dihargai 21.600 yen (Rp 2,35 juta, tentu ini harga di Jepang dan biasanya paket dengan biaya langganan operator). "Ponsel ini terutama diperuntukkan bagi orang tua yang ingin tetap ponsel pintarnya bersih selagi mengurusi buah hatinya," kata juru bicara KDDI seperti dilaporkan Antara.

 

Namun dia juga mengingatkan hanya jenis sabun busa tertentu yang bisa digunakan untuk ponsel pintar ini, yang untuk saat ini hanya dijual di Jepang, demikian AFP.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
04-12-2015 20:22