Main Menu

Canon Hadirkan Kamera Saku Ramping dan Canggih

Tian Arief
17-12-2015 11:04

Kiri-kanan: Merry Harun (Canon Division Director)

Bandung, GATRAnews - Canon, melalui distributor tunggalnya di Indonesia, PT Datascrip, meluncurkan dua kamera saku premium; PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X. Kedua kamera ini didesain bagi penggunanya untuk mengabadikan setiap momen dengan cepat, berkat bentuknya yang ramping dengan fitur pendukung yang makin canggih dan praktis.

Hal terlihat dari fitur di kedua seri tersebut, seperti layar LCD sentuh dan gelang control ring di pinggiran lensa untuk memudahkan pengaturan kamera dengan cepat dan efisien, terutama saat menggunakan mode TV & AV (seperti pengaturan ISO, aperture, fokus).

“Kedua kamera ini didedikasikan bagi para pecinta foto, baik pehobi maupun profesional. Hadirnya electronic viewfinder (EVF) yang terpasang di PowerShot G5 X menghadirkan sensasi baru memotret melalui kamera digital saku. Sedangkan PowerShot G9 X dengan dimensinya yang ringkas memudahkan fotografer untuk memotret kapan saja dan di mana saja," kata Angelie Ivone, Marketing Manager Image Communications Products Division PT Datascrip, dalam acara peluncuran di Ballroom Savoy Homann Bidakara Hotel, Bandung, Rabu (16/12).

Kemudian Angelie memaparkan beberapa keunggulan kedua seri ini, antara lain:


Kualitas Foto

Hasil jepretan kamera saku Canon seri G ini bisa menghadirkan detail gambar dalam berbagai kondisi pencahayaan, berkat sensor CMOS 1 inci dengan resolusi 20,2 megapiksel, prosesor DIGIC 6, serta ISO 12800, sehingga menjamin hasil foto berkualitas tinggi.

Bagi anda yang menggemari foto potret dan close up, Canon melengkapi PowerShot G5 X dengan lensa yang memungkinkan pembesaran maksimum hingga 4,2x atau setara lensa 24-100 mm, sedangkan PowerShot G9 X memiliki lensa yang bisa melakukan pembesaran maksimal hingga 3x atau setara lensa 28-84mm.

Kamera Canon PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X bisa dengan mudah digunakan untuk mengambil foto dari jarak dekat atau foto makro hingga sedekat 5 cm. Selain itu, 9-bilah diafragma dengan aperture terkecil f/1.8 pada Canon PowerShot G5 X dan f/2.0 pada PowerShot G9 X ini menghasilkan foto dengan efek bokeh yang halus dan memesona.


Visibilitas

Canon PowerShot G5 X merupakan kamera seri G pertama yang dilengkapi jendela bidik/ EVF (Electronic View Finder) beresolusi 2,36 juta titik, yang setara dengan warna gamut pada monitor komputer (sRGB). EVF yang kaya warna semakin memudahkan fotografer untuk memastikan bahwa hasil fotonya akan sama dengan bidikan yang dilihatnya melalui EVF ini. Dengan sudut pandang 22 mm, tingkat kejelasan yang tinggi, serta mode tampilan berkecepatan tinggi, EVF pada kamera ini semakin mempermudah penggunanya saat memotret bidikan bergerak.

Sensor secara otomatis akan menonaktifkan layar LCD saat pengguna membidik dari EVF sehingga tidak menyilaukan bidikan pengguna.

Canon PowerShot G5 X menggunakan layar LCD sentuh yang interaktif dan dapat ditekuk, sehingga Anda dapat melakukan foto selfie maupun groupie serta memberikan fleksibilitas mengambil foto dari berbagai sudut untuk menghasilkan foto kreatif dan unik.
 

Bulb Exposure

Pengguna yang lebih mahir bisa memanfaatkan fitur bulb exposure pada PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X untuk kebutuhan pemotretan dengan exposure panjang (misalnya saat memotret kembang api). Dengan Bulb exposure, rana/shutter kamera tetap terbuka selama tombol shutter ditekan. Ditambah dengan hadirnya Filter Auto ND terbaru memastikan hasil foto memiliki tingkat kecerahan yang tepat.


Fitur Perekaman Video

Kedua kamera ini dilengkapi dengan kemampuan untuk merekam video dengan resolusi 1080p full HD (pada 24p dan 60p di format MP4), dengan kemampuan mengedit video. Selain itu, hadir juga fitur canggih Story Highlights yang secara otomatis memilih foto maupun klip video dan menyatukannya dengan berbagai editan dan efek serta dilengkapi dengan musik latar, sehingga tampilan video menjadi begitu menarik untuk ditonton. Fitur Short Clip Movie di kedua seri kamera ini membantu fotografer untuk membuat video klip pendek berdurasi 4-6 detik serta dihadirkan pula pilihan efek slow-motion, fast-motion, atau action replay.
 

Berbagi Foto dengan Mudah

PowerShot G5 X dan G9 X sudah dibekali dengan NFC dan Wi-Fi untuk memudahkan pengguna berbagi foto dan video di antara kamera yang kompatibel, ke perangkat smartphone, Canon Connect Station CS100 maupun langsung ke media sosial melalui Canon iMage Gateaway (CiG). Sebagai tambahan, aplikasi Canon Camera Connect memungkinkan pengguna untuk mengendalikan kamera dari jarak jauh secara nirkabel termasuk melakukan berbagai pengaturan sebelum memotret, seperti zoom, fokus, kecepatan shutter, ISO, aperture, maupun aspek rasio foto melalui smartphone.

“Untuk pertama kalinya pada PowerShot seri G, Canon memberikan opsi kemudahan mengisi ulang daya baterai melalui kabel USB, di samping perangkat charger baterai konvensional. Kegiatan memotret semakin mudah dan praktis melalui PowerShot G5 X dan PowerShot G9 X," komentar Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip, dalam kesempatan yang sama.

Kedua kamera saku Canon seri G ini dipasarkan oleh PT Datascrip, sebagai distributor tunggal kamera digital Canon di Indonesia, seharga Rp 8.900.000 (Canon PowerShot G5 X) dan Rp 5.750.000 (Canon PowerShot G9 X).

PT Datascrip merupakan perusahaan Marketing dan Distribusi, dengan 7 solusi bisnis, yang meliputi Office Design, Space Management and Filing System; Stationery, Office Equipment and Supplies; Multimedia Presentation and Conference Room; Digital Imaging; Time Management and Security Systems; Surveying and Engineering; Business Software and IT Solutions.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
17-12-2015 11:04