Main Menu

Polytron Luncurkan Ponsel Pintar Zap6 dengan FIRA OS

Tian Arief
28-01-2016 22:21

Lima tipe ponsel Polytron Zap6 dengan lima karakter superhero (GATRAnews/Tian Arief)

Jakarta, GATRAnews - Perusahaan asli Indonesia yang dikenal dengan bisnis televisi, audio, kulkas, dan mesin cuci, Polytron, meluncurkan lima tipe ponsel pintar (smartphone) Zap6, yang dilengkapi sistem operasi bernama FIRA OS (operating system). FIRA ini memiliki beberapa keunggulan yang disesuaikan dengan kebutuhan lokal. 

"Peluncuran ini tak lepas dari upaya Polytron untuk melakukan investasi di perangkat lunak, yakni lewat FIRA UI. Jika incumbent seperti Android dirancang untuk market global, maka Polytron menghadirkan FIRA UI (User Interface, Red.) yang fitur dan layanannya disesuaikan dengan kebutuhan market lokal," kata Tekno Wibowo, Marketing Director PT Hartono Istana Teknologi (Polytron), saat acara peluncuran seri Polytron Zap 6, di Jakarta, Kamis (28/1).

Kelima tipe dari varian Zap6 yang diluncurkan meliputi Posh Note, Posh, Note, Cleo, dan Power -yang disimbolkan dengan lima karakter superhero, dengan "kesaktian" masing-masing. Berbeda dengan ponsel pintar produksi luar, kelima tipe ini memiliki fitur unggulan, seperti FIRA Check Pulsa, FIRA Pay, FIRA Store, dan FIRA Directory.

Direktur PT FIRA Roberto Hartono, pada kesempatan yang sama menjelaskan, Fira Check Pulsa merupakan aplikasi bawaan yang secara sistematis terpampang sebagai fitur untuk mengetahui sisa pulsa. Sedangkan FIRA Pay sebagai fitur untuk melakukan pembayaran, FIRA Store fitur untuk belanja, dan FIRA Directory fitur untuk mendapatkan informasi lokasi dan kontak. "Informasi lebih lanjut bisa diakses di situs www.fira.id," kata Roberto menambahkan.

Menurut Tekno Wibowo, peluncuran ini membuktikan, selain memproduksi handset dengan kandungan komponen dalam negeri, Polytron juga memfokuskan diri di sisi pengembangan software, mengingat regulasi pemerintah tentang Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) pada smartphone 4G harus dinaikkan hingga 35% pada tahun 2017.

Untuk urusan pemasaran, Polytron menggandeng mal online Blibli.com. "Polytron melakukan kerja sama eksklusif dengan Blibli.com khusus varian Posh dan Posh Note. Pre order untuk kedua tipe itu dijual dengan harga yang menarik, masing-masing Rp 1.699.000 untuk Posh dan Rp 1.899.000 untuk Posh Note. Pre order dibuka mulai 28 Januari hingga 17 Februari 2016," kata CEO Blibli.com Kusumo Martanto, seraya menambahkan bahwa harga sudah termasuk ongkir ke seluruh Indonesia, dan bisa dicicil dengan bunga 0%.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
28-01-2016 22:21