Main Menu

Casio Perkenalkan Proyektor Ramah Lingkungan

Tian Arief
11-05-2016 17:23

Kiri-kanan: Hirokazu Satoh (Chief Jakarta Representative Office Casio Singapore Pte. Ltd), Itsuro Tezuka (General Manager Casio Singapore Pte. Ltd.), Mary T. Oetomo (Division Director PT Datascrip), dan Jeremy Hermanto (Division Manager PT Datascrip). (GATRAnews/Dok Datascrip)

Jakarta, GATRAnews - Casio, melalui distributor tunggal di Indonesia, PT Datascrip, memperkenalkan proyektor Laser & LED Hybrid yang ramah lingkungan. Komitmen ramah lingkungan itu diwujudkan oleh pemilihan lampu tanpa merkuri yang berdaya tahan hingga 20 ribu jam, sehingga nyaris tanpa penggantian lampu sejak proyektor itu dibeli.

"Proyektor biasa dengan lampu merkuri hanya tahan hingga 2 ribu jam, sehingga makin sering ganti lampu, makin banyak limbah yang dihasilkan, yang pada akhirnya mencemari lingkungan. Ini salah satu kelebihan proyektor Casio, yang mendukung program penghematan energi dan pelestarian lingkungan," kata Merry T. Utomo, Division Director PT Datascrip, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (11/5).

Merry menyebutkan, dengan penggunaan lampu laser dan LED hybrid, proyektor buatan Jepang ini tidak membuang emisi karbondioksida dan merkuri ke atmosfer bumi, serta lebih irit dalam penggunaan energi listrik.

Sementara itu, Division Manager PT Datascrip Jeremy Hermanto mengatakan, proyektor ini dua kali lebih irit dalam konsumsi energi dibanding proyektor yang menggunakan lampu merkuri, sehingga membuat biaya perawatannya lebih hemat secara jangka panjang.

"Proyektor Laser & LED Hybrid Casio bukan saja efisien dari segi pemakaian, melainkan juga dari biaya perawatan. Pengguna proyektor ini tidak direpotkan dengan kegiatan mengganti lampu dan membersihkan debu optik," ujar Jeremy.

Jeremy menjelaskan, proyektor Casio dirancang dengan struktur tahan debu (dust resistance structure), yang melindungi bagian optik dari partikel debu, sehingga memastikan kecerahan proyeksi yang tahan lama dan dapat diandalkan.


Model terbaru

Proyektor Casio, yang terbagi dalam seri Core dan Advanced ini menghadirkan beberapa model terbaru. Untuk seri Core, masing-masing XJ-V2, XJ-V100W, XJ-V110W, dan XJ10X. Tipe XJ-V2 memiliki kemampuan 1,1x zoom, sedangkan tiga tipe lainnya 1,5x zoom. Pembesaran hingga 1,5x ini membuat seri Core bisa digunakan dengan performa optimal untuk penggunaan di ruang rapat, ruang kelas, maupun luar ruangan (outdoor).

Sedangkan untuk seri Advanced, Casio menghadirkan model XJ-F210WN, XJ-F100W, XJ-F200WN, dan XJ-F10XN, dengan beragam pilihan format display. Produk ini juga sudah kompatibel dengan berbagai perangkat pintar yang berkemampuan Screen Mirroring menggunakan sambungan terminal HDMI, seperti Intel WiDi atau adaptor tampilan nirkabel Miracast dan terminal USB.

Kedua seri tersebut memiliki fungsi Instant Light Control,  yang memudahkan pengguna mengatur kecerahan untuk kualitas gambar yang lebih baik pada kondisi pencahayaan apa pun. Selain itu, juga ada fitur Intelligent Light Control yang secara intuitif mampu mengenali pencahayaan di ruangan dan secara otomatis menyesuaikan tingkat kecerahan gambar.


Diproduksi di Jepang

Proyektor Laser & LED Hybrid Casio ini diproduksi di Jepang, tepatnya di Yamagata Premium Production Line milik Casio. Casio mengklaim, hal ini membuat kualitas dan daya tahan proyektor ini sudah teruji dan berkualitas.

Proyektor-proyektor ini juga dapat mencapai kecerahan maksimal kurang dari lima detik, serta dapat langsung dimatikan tanpa melewati periode cool-down. Hal ini mengurangi waktu penyetelan serta meningkatkan efisiensi penyetelan di ruang rapat maupun kelas.

Sesuai tagline-nya, “Lamp Free for a Brighter Future”, proyektor-proyektor Casio membantu berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan dengan mengurangi penggunaan lampu merkuri. Dengan sumber cahaya hybrid, berupa laser dan LED, proyektor Casio tidak membuang emisi karbondioksida dan merkuri ke atmosfer bumi.


Editor: Tian Arief

Tian Arief
11-05-2016 17:23