Main Menu

pesan Uber dan Grab Kini bisa dari Google Maps

Dani Hamdani
09-08-2016 22:13

Google Maps Apps bisa pesan Uber dan Grab Taksi (Dok GATRAnews)

Jakarta, GATRANews - Kini anda tidak perlu pusing install Uber dan Grab lagi untuk sekadar memesan taksi. Cukup install Google Maps versi teranyar, anda bisa cari alamat lalu pesan langsung taksi online anda. 

 

Integrasi antara Google Maps dengan layanan taksi online itu hari ini, Selasa (9/8), resmi diperkenalkan oleh VP Engineering Maps Google Hugh William dalam acara Google for Indonesia di Jakarta.
 
 
"Melalui Google Maps anda dapat memilih opsi perjalanan yang ingin dilakukan, dan mulai saat ini anda bisa memesan Uber dan Grab melalui Google Maps," katanya.
 

Bagi yang terbiasa menggunakan aplikasi Google maps, layanan ini sangat mudah.  Tinggal tuliskan alamat tujuan di kolom pencarian (atau cari alamat di peta lalu klik di alamat yang akan dituju).
 
Setelah itu tekan logo kendaraan berwarna biru di bagian kanan bawah. Di bagian atas peta akan muncul beberapa logo, ada mobil, kereta api (kendaraan umum) dan jalan kaki.

Tekan gambar yang menunjukkan angkutan umum. Maka akan terlihat perkiraan harga serta waktu tempuh dengan masing-masing penyedia layanan, juga estimasi pengemudi sampai ke lokasi penjemputan.
 
Bila menekan salah satu opsi angkutan yang tersedia, Maps secara langsung mengalihkan ke laman pemesanan aplikasi yang dituju.

Dengan fitur tersebut, pengguna dapat langsung membandingkan harga yang ditawarkan oleh masing-masing penyedia jasa tanpa harus bergantian membuka kedua aplikasi.

Sebelum integrasi dengan layanan taksi online, Google Maps lebih dulu terintegrasi dengan bus Transjakarta dan kereta komuter Jakarta. Sehingga pengguna dapat melihat estimasi waktu tempuh dan waktu kedatangan bus.
 
Oh ya fitur taksi online ini baru muncul bila menggunakan aplikasi di smartphone. Pada google maps versi desktop, pilihan taksi online tidak muncul. Ketika di klik moda transportasi umum, hanya muncul Trans Jakarta dan KRL.
 
Hugh juga memperkenalkan upaya untuk menghemat penggunaan data internet dengan Google Maps offline. Fitur tambahan untuk versi offline adalah dapat disimpan dalam SD Card dan juga mode Wi Fi.
 

Google yang memboyong sejumlah eksekutifnya menyakinkan akan terus mendorong pengembangan Google di Indonesia.

 
Antara melaporkan, Google juga memperkenalkan Google Asisten yang akan dirilis di Indonesia. Selain itu, juga menegaskan komitmennya dalam mencetak 100 ribu pengembang di Indonesia dalam lima tahun ke depan.
 

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyambut baik perhelatan Google tersebut. Google diharapkan juga membawa berbagai teknologi maju lainnya ke Indonesia.

Editor: Dani Hamdani  

Dani Hamdani
09-08-2016 22:13