Main Menu

Robot Pembersih Rumah

Rosyid
19-10-2016 15:34

Robot vacuum cleaner Hitachi Minimaru (Kyodo/HR02)

Tokyo, GATRANews - Membersihkan rumah menjadi lebih mudah dengan robot vacuum cleaner. Permintaan yang terus meningkat, mendorong Hitachi Appliances Inc. meluncurkan robot vacuum cleaner yang lebarnya hanya 25 cm, lebih kecil dari rival-rivalnya. Karena ukurannya yang lebih mungil, robot ini bisa menjangkau area-area yang sulit dibersihkan robot lain.


Menurut Hitachi Appliances, robot bernama Minimaru ini bisa membersihkan pojok ruang dan sela-sela perabot rumah. Minimaru akan dipasarkan di Jepang mulai 19 November 2016.


Harga Minimaru di Jepang sekitar 108 ribu Yen (Rp 13,6 juta). Robot ini bergerak lembut dan memiliki sensor agar tidak menabrak dinding dan perabot rumah. Perawatannya juga mudah, karena memiliki sikat pembersih yang otomatis membersihkan robot.


Di Jepang, pasar robot vacuum cleaner di dominasi oleh serial Roomba buatan iRobot Corp. dari Amerika Serikat. Merek-merek lain juga menawarkan produknya masing-masing sepereti Panasonic Corp., Toshiba Lifestyle Products & Service Corp., dan Sharp Corp.


Hitachi Appliances mengincar 10 persen market pasar. "Minat konsumen masih tinggi," kata Michiya Matsuda, direktur Hitachi Appliances. "Jadi pasar ini masih akan terus berkembang,"tambahnya kepada Japan Times (19/10/16).


Peluncuran ini semakin memamnaskan persaingan di pasar robot vacuum cleaner. Tahun fiskal lalu, sekitar 200.000 unit robot ini terjual, naik 2,3 kali lipat dibandingan lima tahun sebelumnya.


Editor: Rosyid

Rosyid
19-10-2016 15:34