Main Menu

Riset Google: Ponsel Pintar Masyarakat Indonesia Jadi Asisten Belanja Baru

Averos Lubis
17-11-2016 19:13

Jakarta,GATRANews - Hasil riset Google menjelaskan bahwa banyak masyarakat Indonesia yang memiliki ponsel pintar merupakan asisten belanja baru. Berikut lebih lanjut hasil riset Google yang diterima  GATRANews, Kamis (17/11):

 

Temuan utama: Tren e-commerce Indonesia pada tahun 2016

● Para shopper online Indonesia mencintai situs dan aplikasi yang membantu. Sebesar 92% mengatakan mereka akan membeli menggunakan sebuah aplikasi atau dari situs yang memberikan informasi yang membantu dan yang relevan.

● Para shopper ponsel pintar selalu terbuka mengenai pilihannya. Sebesar 87% mengatakan mereka telah berubah pikiran mengenai sebuah merek atau nd di toko setelah membaca informasi produk di ponsel mereka.

● Seluler (mobile) adalah pintu ke toko. Sebesar 77% mengatakan mereka telah mengunjungi sebuah toko atau situs yang berhubungan setelah melakukan pencarian informasi sebuah produk di ponsel mereka. Tren Musiman: Belanja online pada akhir tahun telah mapan sebagai sebuah titik padakalender e-commerce negeri ini.

● Tahun lalu, brand seperti blibli.com dan Lazada melihat adanya kenaikan dalam transaksi sebesar 9x dan 10x atas penjualan rata-rata mereka.

● Kategori tertinggi dari pencarian produk Indonesia selama musim belanja akhir tahun adalah: produk kecantikan dan personal care, gadget dan aksesoris, pakaian, serta barang untuk bayi.

● Menjelang 12 Desember 2016, pencarian paling tinggi untuk brand e-commerce di Indonesia adalah: Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Elevenia, blibli.com

 

Apa artinya bagi para marketer?

Kami telah menyusun lima tips paling top bagi para marketer sehingga mereka dapat mengambil keuntungan dari tren ini:

1. Segera persiapkan dengan baik kampanye belanja akhir tahun Anda: Gunakan kombinasi pencarian maupun iklan video guna mencapai para shopper tersebut di perangkat digital mereka. Pastikan produk Anda menarik dengan membaca daftar berikut ini optimization do’s and don’ts dan best practices for TrueView video ads.

2. Wajib ada di seluler (mobile): gunakan mobile bid adjustments untuk memastikan brand Anda ada saat para shopper belanja. Untuk kampanye pencarian, Anda dapat mengirimkan pengguna seluler ke halaman yang tepat di situs Anda menggunakan “mobile URL” di expanded text ads.

3. Kelola bid Anda secara efisien dan efektif: Gunakan Smart Bidding di AdWords guna memaksimalkan kinerja Anda.

4. Jadikan brand Anda ke dalam lingkup pertimbangan: Gunakan TrueView video discovery ads untuk menarget halaman pencarian YouTube yang relevan dengan brand Anda.

5. Jangan lewatkan mereka yang bersedia membeli produk Anda: Monitor anggaran dan tinjau kembali click-share harian Anda agar memastikan Anda tidak kehilangan para shopper yang siap membeli. Tingkatkan tawaran dan anggaran seiring peningkatan conversion rates, dan jangan lupa tetap buka walau musim liburan telah usai!


Reporter: Averos Lubis

Editor : Taufik Alwie

Averos Lubis
17-11-2016 19:13