Main Menu

Canon Luncurkan Kamera Mirrorless Terbaru, EOS M5

Tian Arief
03-12-2016 10:24

Canon EOS M5 (GATRAnews/Dok Datascrip)

Gili Trawangan, GATRAnews - Beberapa tahun terakhir ini, beredar kamera jenis ILC (interchangeable lens camera) alias kamera dengan lensa yang bisa diganti-ganti baru yang ukurannya jauh lebih kompak, yakni kamera mirrorless (MILC). Apa itu kamera mirrorless? Kamera mirrorless (sedikit cermin), pada dasarnya sama dengan kamera DSLR (digital single lens reflex) alias kamera yang memanfaatkan cermin untuk mengarahkan cahaya dari lensa ke viewfinder/lubang pengintip, namun bagian pemantul cahayanya (mirrorbox) dihilangkan. Sehingga tak mengherankan jika ukurannya jauh lebih kompak dengan kualitas gambar yang dihasilkan hampir sama dengan kamera DSLR.    

Nah, kamera mirrorless terbaru dari Canon, EOS M5, diluncurkan untuk pertama kalinya di Indonesia oleh distributor tunggal produk pencitraan digital di Indonesia, PT Datascrip, pertengahan pekan ini, di Gili Trawangan, Lombok Utara, NTB.

Kamera ini berteknologi Dual Pixel CMOS AF, Electronic Viewfinder (EF) beresolusi tinggi, Pengolahan Gambar RAW langsung di kamera, hingga kecanggihan prosesor DIGIC 7 untuk menghadirkan kinerja dan performa tinggi pada kamera kompak ini.

Canon EOS M5 dilengkapi sensor CMOS APS-C 24.2 Megapiksel dengan kualitas hasil foto tajam dan cemerlang. Teknologi Dual Pixel CMOS AF yang digunakan di jajaran kamera DSLR Canon kelas atas, dijejalkan dalam kamera mirrorless EOS M5 ini, sehingga sistem fokus kamera mampu bekerja cepat dan akurat.

Bukan hanya itu, untuk pertama kalinya dalam generasi EOS M, dihadirkan teknologi predictive AF yang bekerja mengejar fokus dengan cepat dan presisi terhadap subyek yang sedang bergerak. Teknologi ini tidak hanya membidik fokus gerakan dari sisi kanan-kiri, atas-bawah, namun juga mengejar fokus pada subyek yang bergerak mendekat atau menjauh dari kamera.

Teknologi predictive AF ini bertugas menganalisa gerakan dan kecepatan subyek, lalu secara otomatis mengatur titik fokus tepat untuk memotret subyek tersebut pada saat kamera menjepret. Canon EOS M5 mengusung kecepatan pemotretan beruntun secara kontinyu hingga 7fps dengan fokus yang terus mengejar, atau hingga 9fps pada posisi fokus terkunci. Alhasil, semua momen tak terkecuali subyek yang bergerak cepat pun dapat diabadikan dengan tajam dan jelas.

“Hadirnya Canon EOS M5 semakin melengkapi jajaran kamera mirrorless Canon. Beragam fitur dan teknologi canggih di kamera ini menjawab kebutuhan para pecinta fotografi yang menginginkan kualitas dan performa prima dari sebuah kamera mirrorless,” ujar Sintra Wong, Division Manager Canon Image Communication Product Div PT Datascrip, saat peluncuran EOS M5, di Ballroom Hotel Ombak Sunset, Trawangan, Lombok.

Merry Harun (kanan) dan Sintra Wong (GATRAnews/Dok Datascrip)

Prosesor DIGIC 7

Prosesor DIGIC 7 menjadi penggerak utama kamera ini. Saat memotret dengan bukaan kecil, prosesor DIGIC 7 menghadirkan tingkat ketajaman yang tinggi pada foto serta mengoptimalkan pengaturan tingkat kecerahan dan ketajaman pada gambar. Berkat kemampuan koreksi difraksi sinar, detail gambar tetap terjaga, terutama pada saat memotret di lingkungan yang sangat terang.

Selain itu, kamera Canon EOS M5 sangat memudahkan pengguna melakukan pemotretan kreatif dengan teknik panning -yang subyek bidikannya bergerak cepat- seperti mobil, kereta dan sebagainya, dapat direkam dengan optimal karena performa kamera yang tinggi.

Berbeda dengan generasi pendahulunya, Canon EOS M5 dilengkapi dengan viewfinder elektronik (EVF) yang memiliki resolusi tinggi, 2,36 juta titik berteknologi OLED. Hadirnya viewfinder elektronik berteknologi tinggi ini menghadirkan pengalaman yang sama seperti saat menggunakan viewfinder di DSLR dan memberikan komposisi gambar yang mendekati warna aslinya dengan kejernihan tinggi.

Pada bagian belakang kamera terdapat LCD layar sentuh beresolusi tinggi 3,2 inci yang dapat ditekuk hingga 85 derajat ke atas dan 180 derajat ke bawah, guna memberi kebebasan pengguna untuk menghasilkan foto yang lebih variatif dan kreatif. Bisa pula digunakan untuk berselfie atau wefie ria.

Ketika sedang memotret maupun merekam video melalui EVF, pengguna dapat memanfaatkan fungsi Touch & Drag AF untuk memindahkan area yang mau difokus melalui sentuhan dan gerakan jari di layar LCD. Fitur ini dapat dengan mudah diaktifkan atau dimatikan lewat tombol khusus di bodi kamera.

Melengkapi fungsi EVF, terdapat tombol empat fungsi yang mudah diakses pada saat menggunakan EVF, yaitu pengaturan  mode pemotretan, kompensasi eksposur, bukaan lensa/aperture atau kecepatan rana/shutter speed, dan tombol pintas. Tombol pintas dapat digunakan untuk beberapa fungsi seperti untuk mengatur white balance, ISO Speed, dan mode AF.


Kamera DSLR (kiri) dan mirrorless (GATRAnews/Ist)

EOS Movie

Dengan kombinasi lensa berfitur IS (Image Stabilizer) dan penstabil gambar digital di dalam kamera, kamera akan bekerja dengan stabilisasi lima axis ketika kamera sedang bergerak, sehingga guncangan kamera saat merekam video sambil bergerak dapat diredam.

Kamera Canon EOS M5 ini dilengkapi teknologi perekaman video beresolusi Full HD 60p dengan hasil rekaman yang halus dan tajam.

Salah satu fitur canggih yang ada pada kamera Canon EOS M5 adalah kemampuan untuk mengubah format file foto RAW secara langsung di kamera tanpa bantuan perangkat komputer sehingga pengguna dapat melihat hasil akhirnya dengan cepat dan bahkan dapat mengeditnya langsung di kamera.

Canon EOS M5 juga sudah dilengkapi dengan koneksi Wi-Fi dan NFC yang dapat mempermudah transfer file antar perangkat, seperti smartphone, tablet dan komputer melalui Canon Image Gateaway. Sekali terhubung, pengguna dapat mengirim gambar dan video ke perangkat-perangkat tersebut dan mengunggahnya ke Canon Image Gateway, jejaring media sosial, serta layanan penyimpanan di cloud/awan.

Hadirnya fitur koneksi nirkabel tersebut juga dapat membantu pengguna memotret dari jarak jauh melalui perangkat gadget. Hal ini cukup berguna untuk memotret dari sudut yang kreatif maupun pada saat memotret secara grup. Berbekal perangkat gadget dan aplikasi Canon Camera Connect, pengguna secara real-time dapat mengendalikan pengaturan kamera, seperti shutter speed, memilih titik fokus yang diinginkan, self-timer dan masih banyak lagi dari jarak jauh. EOS M5 dapat menggunakan koneksi ini untuk terhubung ke perangkat GPS yang berfungsi untuk menyisipkan geotag pada foto.

Yang terbaru dari EOS M5 ini adalah fitur koneksi Bluetooth yang hemat energi. Dengan hadirnya pilihan koneksi ini, EOS M5 bisa terus dihubungkan ke perangkat pintar tanpa perlu khawatir menguras baterai dan tanpa perlu memindah-mindahkan koneksi WiFi jika perangkat pintar kita sedang terhubung ke jaringan WiFi lain.

“Canon EOS M5 yang hadir dengan beragam fitur dan teknologi terbaru, memberikan kepuasan bagi para fotografer baik pemula maupun profesional. Baik untuk pemotretan foto maupun perekaman video, Canon EOS M5 memberikan hasil berkualitas tinggi dan performa kamera yang istimewa,” ujar Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip.

PT Datascrip memasarkan EOS M5 dengan harga:

Canon EOS M5 body: Rp 14.200.000
Canon EOS M5 dengan lensa EF-M 15-45mm: Rp 15.700.000
Canon EOS M5 dengan lensa EF-M 18-150mm: Rp 19.900.000


Reporter: Tian Arief

Tian Arief
03-12-2016 10:24