Main Menu

Printer Canon PIXMA TS8070 Tak Butuh Komputer untuk Ngeprint Foto Medsos

Tian Arief
04-12-2016 09:55

Printer Canon PIXMA TS8070 (GATRAnews/Dok Datascrip)

Denpasar, GATRAnews - Para penggemar media sosial lewat perangkat telepon pintar (smartphone) kini tak usah repot-repot membuka komputer bila ingin mencetak koleksi fotonya di media sosial, termasuk Instagram. Canon baru saja meluncurkan printer bagi para "pecandu foto", lewat PIXMA TS8070, yang bisa langsung terhubung ke perangkat mobile, dan mencetak foto dari medsos maupun situs lainnya. Ukuran fotonya pun, jika mau, bisa disesuaikan dengan foto Instagram yang berbentuk segiempat (square).

Marketing Executive Canon Consumer System Division PT Datascrip Andryan W. Pranata menyebutkan, printer PIXMA TS8070 ditujukan bagi para penggemar fotografi dan mereka yang mengutamakan kualitas hasil cetak. Ini, menurutnya, dimungkinkan oleh teknologi pencetakan yang didukung 6 katrid warna, termasuk tinta abu-abu, yang mampu menghasilkan tingkatan gradasi lebih solid.

"Walaupun foto sekarang ini lebih banyak disimpan di hardisk atau media sosial, kebutuhan untuk mencetak masih ada. Pixma TS8070 menghadirkan kualitas cetakan studio ke kantor dan rumah," ujar Andryan, saat peluncuran Canon PIXMA TS8070, di Bali, pertengahan pekan lalu.

Dia menjelaskan, pengguna bisa mendaftarkan akun media sosial, seperti Instagram dan Facebook di Pixma TS8070. Printer "cerdas" itu langsung mengakses foto-foto yang terdapat di dalam akun tersebut lewat sambungan internet, kemudian mencetaknya. Proses navigasi dilakukan lewat layar sentuh berukuran 4,3 inci.

Disediakan pula kertas foto khusus (PP201) berbentuk segiempat 5 x 5 inci untuk mempermudah pencetakan foto dari Instagram, yang memiliki ciri khas foto berbentuk segiempat. Pengguna juga bisa menuliskan caption foto dalam hasil cetak, jika diinginkan.

Selain itu, Pixma TS8070 bisa digunakan untuk mencetak dokumen dari layanan-layanan cloud storage yang banyak tersedia, seperti Evernote, Dropbox, dan Google Drive. Pengguna gadget Android/iOS dapat pula menyambungkan perangkatnya ke printer ini lewat sambungan Wi-Fi dan NFC untuk melakukan pencetakan dari ponsel atau tablet.

Bukan hanya itu. Dokumen yang disimpan di awan (cloud) atau file dari email juga bisa segera dicetak, tanpa harus membuka komputer terlebih dulu.

Dengan teknologi NFC dan Wi-Fi Direct, pengguna cukup menggunakan aplikasi Canon PRINT Inkjet/SELPHY untuk mencetak dokumen dan foto langsung dari ponsel pintar atau tablet berbasis sistem operasi iOS atau Android.

Adanya layanan PIXMA Cloud Link juga memudahkan pengguna untuk mencetak file dari layanan medsos, seperti Facebook, Instagram, serta aplikasi cloud single seperti Evernote, Dropbox, dan Google Drive.

Kualitas cetak printer ini diklaim sangat bagus, baik mencetak foto maupun dokumen, berkat sistem tinta dengan 6 katrid warna, termasuk tinta abu-abu untuk menghasilkan tingkatan gradasi warna yang lebih solid. Fitur Borderless Printing memungkinkan pengguna mencetak foto secara maksimal, satu halaman penuh.

"Printer TS8070 memiliki kemampuan cetak yang luar biasa, cocok untuk pencinta foto yang ingin menuangkan karyanya dalam bentuk cetakan. Dengan maraknya pengguna Instagram, posting foto dapat dicetak lebih mudah dengan TS8070, dan kerta foto sudah tersedia dengan ukuran unik, yaitu 5x5 inci," kata Monica Aryasetiawan, Division Manager Canon Consumer Systems Products Div PT Datascrip.


Printer Canon PIXMA G4000 (GATRAnews/Dok Datascrip)

Printer cetak murah

Selain PIXMA TS8070, Datascrip juga memperkenalkan printer Canon PIXMA G4000, yang ditujukan bagi pengguna yang memiliki produktivitas cetak tinggi, seperti pelaku bisnis, UKM, perkantoran, juga pelajar dan mahasiswa. Printer ini jika menggunakan botol tinta asli Canon ukuran besar, dapat mencetak lebih dari 7.000 halaman full color dan 6.000 halaman dokumen hitam putih. Jika harga tinta Rp 90 ribuan, printer ini menghasilkan hasil cetakan yang hemat Rp 15 per lembarnya.

Printer multifungsi dengan sistem tangki tinta yang bisa diisi ulang ini dilengkapi teknologi nirkabel untuk mencetak langsung dari smartphone. Tak hanya andal dalam urusan cetak, PIXMA Ink Efficient G4000 ini bisa juga dialihfungsikan sebagai mesin scanner/copy dan fax.

Selain cetak dokumen, printer ini dapat mencetak foto berukuran 4R secara penuh (borderless) hanya dalam waktu 60 detik. Canon PIXMA G4000 juga bisa digunakan untuk mencetak foto ukuran A4. Dengan sistem tinta hybrid Canon yang sudah diperbarui, kombinasi pemakaian tinta pigmen hitam dan warna dapat menghasilkan cetakan foto yang prima.
 
PIXMA G4000 dilengkapi dengan  Automatic Document Feeder (ADF), yang memungkinkan pengguna menaruh hingga 20 lembar dokumen untuk dipindai secara otomatis dalam format JPEG atau PDF. Selain itu, ada pula fitur Document Removal Reminder yang berfungsi memberikan peringatan jika ada dokumen tertinggal sehingga mencegah dokumen penting atau rahasia terbaca oleh orang lain. Yang menarik, fitur ID Card Copy akan memudahkan Anda dalam hal meng-copy kartu identitas (KTP/SIM) yang nantinya dicetak dalam 1 halaman saja.

Teknologi nirkabel makin memudahkan pengguna karena bisa langsung cetak dokumen atau foto dari perangkat mobile seperti smartphone atau tablet. Pengguna cukup menggunakan aplikasi Canon Print Inkjet/SELPHY yang tersedia bagi pengguna iOS atau Android. Melalui aplikasi ini juga, pengguna bisa dengan mudah mengirimkan hasil pindaian ke smartphone.

Printer ini diberi garansi standar 2 tahun, serta tambahan garansi 1 tahun apabila melakukan registrasi secara online. Sedangkan print head diberikan garansi 1 tahun atau 15 ribu lembar cetak.

“Hadirnya printer PIXMA G4000 ini semakin melengkapi jajaran seri PIXMA G-Series untuk kebutuhan cetak banyak, murah dan berkualitas. Dengan adanya fitur fax dan ADF,  memudahkan pengguna kantoran untuk scan dokumen berukuran legal/folio sekaligus tumpukan kertas yang harus dipindai sehingga bisa sekaligus,” ujar Merry Harun, Canon Division Director PT Datascrip.

PT Datascrip memasarkan kedua printer ini dengan harga sebagai berikut:

Canon Pixma TS8070 Rp 3,5 juta, dengan tiga varian warna printer, yakni hitam, merah, dan cokelat.
Cartridge tinta hitam Rp 195.000
Cartrdige berwarna Rp 175.000.
Canon PIXMA Ink Efficient G4000 Rp 3.600.000
Tinta GI-790 Black, Cyan, Magenta, yellow, masing-masing Rp 90.000

 


Reporter: Tian Arief

Tian Arief
04-12-2016 09:55