Main Menu

iPhone 8 Diprediksi Berlayar Lengkung

Dani Hamdani
01-03-2017 10:41

Tampilan salah satu konsep iPhone 8 (Macrumors.com)Jakarta, GATRANews - Produk mendatang Apple yang disebut-sebut bakal diluncurkan musim gugur tahun ini, iPhone 8, diperkirakan akan mengusung layar melengkung berjenis OLED. Pada iPhine generasi teranyar itu juga tidak akan ada lagi home button, iPhone 8 akan datar dan bersih seperti selembar kaca, demikian laporan Wall Street Journal.

 
Apple juga diperkirakan akan menggantikan konektor Lightning pada bagian bawa ponsel dengan port USB-C. Selain itu, perangkat itu akan mengusung layar berukuran 5,8 inci serta baterai dengan kapasitas lebih besar.
 
Meskipun WSJ tidak mengomentari rumor tentang kamera depan berteknologi 3D, KGI mengklaim iPhone 8 akan mengusung kamera depan dengan fitur pengenalan wajah dan selfie 3D.
 
Sementara itu macrumor, menyebutkan saat ini Apple, telah meluncurkan lebih 10 prototype untuk uji coba iPhone 8. "Karena itu agak sulit menyebutkan versi mana yang akhirnya bakal dipiliih oleh Apple," tulis macrumor.com.
 
Macrumor juga menyebutan Apple kemungkinan bakal menggusung ukuran layar 4,7 dan 5,5 inci seperti iPhone 7, dan 7s. Namun tak ditampik pula ada rencana mengeluarkan ukuran layar 5,8 inci namun areal layar yang digunakan hanya 5,15 inci.
 
 
Pemilihan layar plastik OLED dibanding LCD, memungkinkan Apple memperkenalkan piranti yang jauh lebih tipis dan mengkonsumsi baterei lebih sedikit. Dan tentu saja akan memberi kualitas tampilan layar lebih bagus, lebih tinggi rasio kontras serta warna lebih alami.
 
Macrumor juga menyebut ada rencana membuat ujung melengkung pada iPhone 8, seperti pada Samsung Galaxy S7. "Namun rumor ini masih belum jernish betul hingga saat ini," ujar Macrumor.
 

iPhone 8 diperkirakan bakal tahan air, water resistant, seperti iPhone 7 tapi akan ada peningkatan kualitas ketahanan air dari standar IP68. Di dalaman, iPhone 8 bakal ditenagai prosesor 10 nanometer A11 yang lebih kencang dan lebih efisien. Selain juga disebut-sebut bakal bisa di charge tanpa kabel.

Kamera depan iPhone 8 akan memiliki kemampuan 3D sensing, menggunakan teknologi dari PrimeSense, yang memungkinkan untuk menemukan lokasi dan kedalaman objek di depannya sehingga memungkinkan membaca wajah dan mengenai retina mata.

 
Persoalan Nama: iPhone 7S atau Iphone 8

Penamaan iPhone tahun 2017 ini apakah akan iPhone 8 atau iPhone 7S juga masih jadi teka teki. Selama ini iPhone meluncurkan perbaikan dari generasi iPhone dengan penambahan kode "S" yang diluncurkan pada tahun ganjil, sebagai perbaruan dari generasi yang diluncurkan pada tahun genap.

 

Jadi apakah iPhone generasi anyar yang bakal diluncurkan tahun ini bernama iPhone 7S? Menurut MacRumor, melihat momentum 10 tahun, dan perbaruan besar, maka kemungkinan iPhone bakal memberi nama iPhone 8.

Berikut penamaan iPhone sejak generasi pertama tahun 2007:

2007 - iPhone
2008 - iPhone 3G
2009 - iPhone 3GS
2010 - iPhone 4 (Disain Baru)
2011 - iPhone 4s
2012 - iPhone 5 (Disain Baru)
2013 - iPhone 5s
2014 - iPhone 6 and iPhone 6 Plus (Disain Baru)
2015 - iPhone 6s and iPhone 6s Plus
2016 - iPhone 7 and iPhone 7 Plus
2017 - iPhone 8 and iPhone 8 Plus (Disain Baru?)

Jadi penamaan iPhone 8 ini masih tentative, belum ada konfirmasi dari Apple. Meski, menurut Macrumor, ada sekelompok orang yang melakukan pengembangan iPhone 2017 di Israel menyebut piranti yang sedang mereka kembangkan itu diberinama iPhone 8.

 

iPhone 8 dipastikan dipersiapkan luar biasa karena menyambut 10 tahun kehadiran Apple iPhone, karena itu bakal ada banyak perbaruan dari iPhone 7 dan 7 Plus. Masalahnya, buat anda yang belum membeli iPhone 7, apakah akan membeli sekarang atau menunggu iPhone 8?

Editor: Dani Hamdani 
Dani Hamdani
01-03-2017 10:41