Main Menu

M-KBRI Seoul 2.0; Aplikasi Perlindungan WNI Terbaru Diluncurkan

Dani Hamdani
10-06-2017 21:26

M-KBRI Seoul 2.0, Aplikasi buat WNI di Korea Selatan, Juni 2017 (Dok KBRI Seoul)

Seoul, GATRANews - Untuk memenuhi keperluan WNI yang berjumlah puluhan ribu, KBRI Seoul telah meningkatkan performa aplikasi Perlindungan M-KBRI Seoul. Warga Indonesia kini bisa lebih maksimal berinteraksi dan mendapatkan informasi yang lebih akurat serta real time setelah M-KBRI Seoul versi 2,0 diluncurkan minggu kedua Juni ini.

 

"M-KBRI Seoul versi 2,0 merupakan aplikasi Perlindungan WNI  yang termasuk paling canggih," ujar Koordinator Fungsi Konsuler KBRI Seoul M. Aji Surya. Selain menampilkan berita terbaru, aplikasi ini juga menyediakan 8 fitur penting bagi WNI seperti  chatting, layanan, kontak, pengaduan kasus, lapor diri, info pelajar, serta antrian layanan konsuler. 

 

Kecanggihan aplikasinya juga terlihat dari kemampuan mendeteksi lokasi atau posisi penelepon yang memerlukan bantuan dan melakukan siaran langsung melalui TV KBRI. 

 

Aplikasi ini, menurut Aji Surya, mendapatkan tanggapan positif dari WNI. Hal ini telihat dengan semakin banyaknya jumlah WNI yang melakukan lapor diri yang mencapai 300-an orang dalam waktu seminggu.

 

Menurut catatan Konsuler KBRI Seoul, jumlah warga yang telah memanfaatkan M-KBRI Seoul versi lama sebanyak 15.000 orang. Sedangkan versi teranyar sudah diunduh lebih dari 4000-an orang. Jumlah ini diharapkan akan terus bertambah seiring dengan jumlah layanan aplikasi yang meningkat.

 

Aji Surya mengatakan, di zaman serba cepat ini tidak ada alasan untuk tidak melek IT. Perlindungan yang paling cepat harus berbasis teknologi. "Karenanya, aplikasi terbaru ini kita hadirkan," ujarnya.

 

Salah satu pejabat Konsuler KBRI Seoul, Mulyadi, mengimbau WNI di negeri ginseng dapat segera mengunduh aplikasi M-KBRI Seoul 2,0 agar permasalahan yang dihadapi dapat terselesaikan dalam waktu relatif cepat.

 

Aplikasi M-KBRI Seoul pertama kali diluncurkan oleh Presiden RI Jokowi pada tanggal 18 Mei 2016 di Seoul. Sebagaimana sebelumnya, seri terbaru aplikasi ini hadir dalam versi IOS dan Android.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
10-06-2017 21:26