Main Menu

UMY Ciptakan Sadewa, Robot Pengukur Tanah

Mukhlison Sri Widodo
20-07-2018 17:17

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) membawa robot Street Detector Walking Meter.(GATRA/Arif Koes/re1)

Yogyakarta, Gatra.com - Masifnya pembangunan infrastruktur jalan dinilai sering terhambat karena kesulitan saat mengukur topografi tanah.

 

Kendala ini coba diatasi oleh sejumlah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dengan menciptakan teknologi robot Street Detector Walking Meter atau Sadewa.

“Pengukuran topografi tanah oleh surveyor membutuhkan waktu yang lama karena penggunaan alat ukur walking distance meter atau pita ukur yang masih manual,” jelas Amir Malik Hizbullah yang menciptakan teknologi bersama dua rekannya.

Mereka tergabung dalam Program Kelompok Kreativitas Mahasiswa-Cipta Karsa di Fakultas Teknik Elektro di kampusnya.

Untuk mengatasi masalah itu, Amir dan timnya membuat alat yang berfungsi untuk mengukur panjang dan lebar lahan yang akan dibangun jalan raya secara otomatis dan terintegrasi dengan komputer.

Amir berharap, teknologi Sadewa menjadi solusi yang tepat dan efisien dalam proses  pembangunan jalan di Indonesia. Penerapan teknologi Sadewa dapat membantu pengukuran wilayah untuk jalan raya.

“Robot ini memiliki sensor encoder untuk pengukuran dan sistem monitoring data pada LCD display, smartphone android, dan komputer. Sistem monitoring data juga terkoneksi dengan internet sehingga dapat memantau secara real time,” ujarnya.

Robot ini juga dilengkapi antena pemancar sebagai ground station, telemetri sebagai pengirim dan penerima data, dan remote control sebagai kendali robot. 

UMY berharap robot ini dapat berguna untuk mempercepat pembangunan infrastruktur jalan di Indonesia, terutama untuk wilayah yang belum memadai kelengkapan teknologinya.


Reporter : Arif Koes
Editor : Mukhlison 

Mukhlison Sri Widodo
20-07-2018 17:17