Main Menu

Robot China Pecahkan Rekor Dunia Guinness

Dani Hamdani
02-11-2015 14:08

Robot Xingzhe no 1, buatan Chongqing University (DOk Chinanews.com)

Beijing, GATRAnews - Berlari kecil dengan kecepatan sekitar 2,5 kilometer perjam, selama 54 jam tanpa henti, atau lebih dari dua hari dua malam, robot berkaki empat China berhasil memecahkan rekor Guinness World Records. Rekor tersebut dicatatkan pada Minggu 1 November kemarin di kotapraja bagian barat daya Chongqing, Tiongkok.

 

Seperti dikabarkan kantor berita pemerintah China, robot Xingzhe No 1, buatan tim peneliti Chongqing University of Posts and Telecommunications itu berjalan di lintasan atletik indoor, dari 24 hingga 27 Oktober, melangkah sebanyak 340.000 kali  sebelum akhirnya berhenti dan batereinya harus di isi ulang.

 

"Menempuh jarak 134,03 kilometer, dalam 54 jam dan menggunakan baterei sebanyak 0,8 kwh (kilo watt jam)" tulis Xinhua news agency.

 

Jarak yang ditempuh Xingzhe ini lebih dua kali lipat dari pemegang rekor sebelumnya, robot bernama Ranger yang dikembangkan tim dari Cornell University di Amerika Serikat. Kecepatan Xingzhe juga 1,18 kali lebih kencang.


Robot buatan Cornell itu berjalan sejauh 65 km dalam 30 jam dan mengkonsumsi energi 0,5 kwh.

 

Tim yang dipimpin Professor Li Qingdu itu memulai pengembangan Xingzhe pada November 2014 dan prototype pertamanya dibuat pada Januari 2015.

 

Menurut Li, perintah jalan ini bagi robot tidak empat kaki ini tidak sesederhana menyuruhnya berjalan sejauh mungki di lintasan. Tapi juga bagaimana melakukan studi efisiensi listrik, meningkatkan kehandalan dan kemampuan yang memungkinan robot melintasi tempat yang berbahaya untuk dilewati manusia.

 

"Kita bisa menerapkan robot ini pada rentang yang luas yang bisa dilakukan mesin. Di masa depan kami bisa terapkan robot untuk pekerjaan yang berbahaya atau daerah yang amat terpencil," kata Li.


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
02-11-2015 14:08