Main Menu

Tiga Ilmuwan dari UI, ITB dan Unpad, Raih Habibie Award 2015

Dani Hamdani
24-11-2015 22:36

Pemberian Habibie Award 2015 (Gatranews/dani Hamdani)

JAKARTA, GATRAnews  - Dalam sebuah acara sederhana di Perpustakaan Habibie dan Ainun, nan  asri, di Patra Kuningan, Jakarta Selatan, hari ini, Selasa (24/11/2015), tiga ilmuwan tanah air mendapat anugerah Habibie Award 2015.  “Tahun ini hanya tiga kategori yang mendapat Habibie Award, karena untuk kategori Ilmu Dasar dan Ilmu Kedokteran dan Bioteknologi tidak ada yang lolos,” kata Wardiman Djojonegoro, ketua Seleksi Habibie Award.

 

Para penerima anugerah adalah:  Profesor Dr. Nina Herlina, sejarawan dari Universitas Padjadjaran Bandung, untuk bidang ilmu sosial, Profesor emiritus Abdul DJalil Pirous pelukis senior dari Institut Teknologi Bandung, untuk bidang Ilmu Kebudayaan dan Dr. Wisnu Jatmiko, bidang Ilmu Rekayasa.

 

Selain meraih medali dan sertifikat, para penerima anugerah juga mendapat uang sebesar US$ 25.000 ( sekitar 340 juta rupiah). “Pak Habibie menilai hadiah ini terlalu kecil, tapi saat ini baru segitu kemampuan yayasan kami,” kata Wardiman, mantan Menteri Pendidikan Kebudayaan yang juga Ketua Pengurus Yayasan SDM-IPTEK, sebagai penyelenggaran Habibie Award.  

 

Penghargaan ini diserahkan Wardiman, bersama Prof. Sangkot Marzuki, tanpa kehadiban Bj Habibie yang sedang berada di Jerman. Award  ini telah diselenggarakan sejak tahun 1999 dan tercatat sudah 50 orang menerima penghargaan tersebut. Yayasan SDM juga telah memberikan beasiswa S3 pada 87 orang. 

 

Menteri Pendidikan Nasional Anies Baswedan yang hadir menutup acara tersebut, mengucapkan terima kasih pada Yayasan SDM yang telah turut memberikan penghargaan pada para ilmuwan tanah air.

 

“Sebenarnya yayasan tidak memiliki tugas konstitusional untuk menyelenggarakan penghargaan pada para ilmuwan, tapi dengan kemauan Pak Habibie secara konsisten menyelenggarakan. Karena itu saya atas nama pemerintah mengucapkan terima kasih,” kata Anies. 


Editor: Dani Hamdani 

Dani Hamdani
24-11-2015 22:36