Main Menu

Penampakan Indonesia dari Mars yang Berjarak 205 Juta Kilometer

Rohmat Haryadi
08-01-2017 09:12

Penampakan Bumi dan Bulan dari Mars (NASA)Jakarta GATRAnews - NASA merilis gambar komposisi yang luar biasa dari Bumi dan bulan, yang dilihat dari Mars. Ini menggabungkan gambar bumi terbaik dengan gambar bulan terbaik dari empat set gambar yang dikirim NASA Mars Reconnaissance Orbiter. Demikian Dailymail, 6 Januari 2017.


Fitur kemerahan di tengah gambar bumi adalah Australia. Asia Tenggara termasuk Indonesia muncul sebagai daerah kemerahan (karena vegetasi) di dekat bagian atas. Antartika berupa gumpalan terang di bagian bawah-kiri. Area terang lainnya adalah awan.


Gambar itu diambil pada 20 November 2016 oleh kamera High Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) pada NASA Mars Reconnaissance Orbiter. Kamera resolusi tinggi itu mengambil gambar dari jarak sekitar 127 juta mil (205 juta kilometer) dari Bumi.


Masing-masing gambar diproses secara terpisah sebelum digabungkan sehingga bulan cukup terang untuk dilihat. Bulan jauh lebih gelap dari Bumi dan hampir tidak akan terlihat pada skala kecerahan yang sama seperti bumi. Gambar gabungan mempertahankan ukuran dan posisi yang sebenarnya kedua benda langit relatif satu sama lain.


Editor: Rohmat Haryadi

Baca Juga: Manusia Diciptakan Dari Debu Bintang di Kedalaman Bima Sakti

 

Rohmat Haryadi
08-01-2017 09:12