Main Menu

Stephen Hawking: Bumi Menjadi Bola Api pada 2600

Rohmat Haryadi
08-11-2017 17:51

Stephen Hawking (Oxford Union/yus4)

Beijing, GATRAnews -- Profesor Stephen Hawking telah memperingatkan, manusia akan menghancurkan Bumi, mengubahnya menjadi bola api 600 tahun ke depan. Fisikawan terkenal itu percaya bahwa jumlah populasi yang melonjak dan meningkatnya permintaan akan energi akan menyebabkan malapetaka. Manusia harus mulai mencari bintang lain untuk menghindari nasib ini. Menurutnya, tetangga terdekat kita Alpha Centauri adalah kandidat terbaik untuk pelarian kita.


Hawking mendesak pendukung keuangan potensial untuk bisa melewati sebuah proyek yang pada suatu waktu dapat menyebabkan penerbangan antar bintang berawak ke sistem Alpha Centauri. Sistem bintang Alpha Centauri berjarak 25 triliun mil (4,37 tahun cahaya). Dengan pesawat ruang angkasa tercepat di dunia ini, dibutuhkan waktu sekitar 30.000 tahun untuk sampai ke sana.

Para astronom memperkirakan bahwa ada kemungkinan yang masuk akal ada planet mirip Bumi yang ada di 'zona layak huni' sistem bintang tiga Alpha Centauri. Hawking membuat komentar saat berbicara melalui video link di Tencent Web Summit, yang diadakan di Beijing, Cina, Senin lalu.

Ahli kosmologi Inggris, yang didiagnosis menderita penyakit motor neuron berusia 21 tahun, mendukung proyek Breakthrough Starshot. Ia akan melihat sebuah penyelidikan nanocraft yang dikirim ke Alpha Centauri hanya dalam waktu 20 tahun. "Sistem seperti itu bisa mencapai Mars dalam waktu kurang dari satu jam, atau mencapai Pluto dalam beberapa hari, melewati Voyager dalam waktu kurang dari seminggu, dan mencapai Alpha Centauri hanya dalam waktu 20 tahun," katanya.

Terobosan Starshot bertujuan untuk menentukan apakah skala gram nanocraft, pada layar yang didorong sinar lampu, bisa terbang lebih dari seribu kali lebih cepat. Tujuan utama Breakthrough Starshot project adalah mengirim armada StarChips yang kecil dan ringan ke sistem bintang terdekat, Alpha Centauri.


Editor: Rohmat Haryadi

Rohmat Haryadi
08-11-2017 17:51